MTs Muhammadiyah Batur Buka Kelas Unggulan Tahfidz Mulai Tahun Ajaran Baru 2021

Banjarnegara – MTs Muhammadiyah Batur membuka kelas unggulan Tahfidz mulai tahun pelajaran baru 2021/2022 guna meningkatkan kecintaan siswa  terhadap Al Qur’an dan menciptakan generasi penghafal AL Qur’an. Sejatinya kegiatan tahfidz ini sudah berjalan 2 tahun terakhir, akan tetapi masih termasuk kedalam kegiatan ekstrakurikuler dan mulai tahun ini akan dimaksimalkan kembali ke dalam kelas unggulan.

Kelas unggulan ini berkapasitas 30 siswa pada setiap angkatannya. Pada dasarnya, kegiatan tahfidz ini wajib diikuti oleh semua siswa, tetapi khusus untuk kelas unggulan akan dibedakan target hafalan pada setiap tahunnya, yaitu minimal 1 Juz. Kegiatan tahfidz ini nantinya akan dilaksanakan selama 2 jam pelajaran setelah pembelajaran reguler.

“Kelas unggulan ini sebenarnya telah kami rumuskan sejak tahun lalu dan seharusnya sudah mulai sejak tahun lalu, tetapi karena Pandemi COVID-19 terpaksa di tunda dan insya Alloh akan kita mulai maksimalkan tahun ini.” Ujar Kepala Madrasah, M. Rifai Darojat pada Kamis (29/4/21).

Menurut penuturan pembina Tahfidz, Jamaludin Kiroma Akhmad, di dalam kelas tahfidz tidak hanya diajarkan tentang bagaimana cara menghafal, tetapi juga cara membaca Al Qur’an yang baik dan benar. “Untuk sekarang, kami bekerja sama dengan para Hafidz dan Hafidzah yang juga mengampu program tahfidz di masjid dan mushola Batur untuk mengajar tahfidz sekaligus tahsin,” lanjutnya.

Menurut Pimpinan Dikdasmen Muhammadiyah Batur, Nurul Hidayat, hal ini merupakan suatu ide yang sangat baik yang mampu memfasilitasi anak – anak di wilayah Batur yang ingin belajar menghafal Al Qur’an secara maksimal. “Kegiatan ini dapat menjadi solusi bagi beberapa orang tua di wilayah Batur yang ingin menyekolahkan anaknya di sekolah Tahfidz yang lebih dekat dan terjangkau,” tuturnya.

Nantinya MTs Muhammadiyah Batur akan bekerja sama dengan lembaga penyelenggara tahfidz di Yogyakarta dan Solo. Melalui program tahfidz ini diharapkan dapat membentuk karakter islami siswa, meningkatkan kecintaan terhadap Al Qur’an dan menciptakan generasi penghafal Al Qur’an yang senantiasa beriman dan bertaqwa kepada Allah. (ak)