MTs N 1 Banjarnegara Implementasi Konsep Kebersihan Sebagian dari Iman

Banjarnegara-Kebersihan lingkungan menjadi salah satu faktor utama demi berlangsungnya hidup yang bersih. Disamping itu, dalam menjaga kebersihan lingkungan hidup tidak hanya diri sendiri, tetapi juga masyarakat, serta kelompok social.

Memang, kebanyakan masih menganggap bahwa kebersihan masih menjadi masalah yang dikesampingkan. Kurangnya perhatian masyarakat atau suatu kelompok terhadap lingkungan masih familiar untuk saat ini. Disisi lain, kebanyakan dari mereka berfikir secara parsial dan hanya ingin menguntungkan diri sendiri, contohnya masalah pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya.

Melalui Jumat Bersih yang dilakukan oleh para Guru serta Karyawan MTs N 1 Banjarnegara, Program Jumat Bersih dilaksanakan setiap hari Jumat. Dimana,  Jumat Bersih yang merupakan program kerja rutin  yang wajib dilaksanakan.

Salah satu pekerjaan Jumat Bersih yang sedang dilakukan adalah kerja bakti membersihkan halaman sekolah.

H. Moh Zaenal selaku Kepala Sekolah MTs N 1 Banjarnegara mengungkapkan bahwa, budaya Jumat Bersih dapat menjadi kebiasaan yang baik dan menyehatkan. Selain itu, manfaat diantaranya menumbuhkan cinta dan peduli terhadap lingkungan sekolah.

Ibu Siti Solihah selaku Guru Pendidikan Al-Quran Hadist juga menambahkan bahwa, kebersihan adalah sebagian dari iman.

“Dengan mengimplementasikan konsep kebersihan di lingkungan sekolah khusunya di MTs N 1 Banjarnegara ini, Rasulullah SAW melalui berbagai haditsnya mengajarkan agar umat Islam menjadi pelopor dalam hal menjaga kebersihan. Baik kebersihan badan, pakaian, maupun lingkungan. Hal itu memang diriwayatkan dari Abi Malik al-Asy’ari, “ucapnya.

Rasulullah  SAW bersabda ‘kebersihan adalah sebagian dari iman dan bacaan hamdalah dapat memenuhi mizan (timbangan), dan bacaan subhanallah walhamdulillah memenuhi kolong langit, bumi, dan shalat adalah cahaya dan shadaqah adalah pelita, dan sabar adalah sinar, dan Al Quran adalah pedoman bagimu, imbuhnya. (Risky/mhh)