MTs Negeri 2 Banjarnegara Gelar Pesantren Kilat Ramadhan

Banjarnegara – MTs Negeri 2 Banjarnegara menggelar pesantren Ramadhan setelah sebelumnya sempat ditiadakan karena sedang berlangsungnya pandemi Covid-19. Pelaksanaan pesantren Ramadhan 1442 H diikuti 97 peserta dipusatkan di masjid Raudhatul Mutaallimin dihadiri Kepala Madrasah, kepala Tata Usaha, guru dan karyawan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat (15/4).

Ratna Ayu Kartika Wulan selaku Kepala Madrasah ketika membuka Kegiatan Ramadhan mengatakan, kegitan Ramadhan ini merupakan implementasi surat edaran Kanwil Kementerian Agama Propinsi Jawa Tengah tentang pedoman pelaksanaan kegiatan selama Ramadhan untuk peningkatan iman dan taqwa.

“Ini merupakan kegiatan pertama di bulan Ramadhan yang sangat positif, harapannya selesai pesantren ini, kalian dapat memahami nilai-nilai ibadah puasa dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dapat meningkatkan iman dan taqwa,” ujarnya.

Sementara itu Waka humas, Nafis Atoillah menyampaikan bahwa Pesantren Kilat Ramadhan dimulai dari pukul 07.30-08.00 kemudian dilanjutkan PTM di kelas sesuai jadwal pelajaran, sedangkan siswa yang tidak mengikuti Pesantren secara tatap muka wajib mengikuti kegiatan keagamaan di masjid/musholla sekitar rumah masing-masing.

“Agar kegiatan Ramadhan lebih focus maka dilaksanakan sebelum pembelajaran tatap muka, dan PTM lebih untuk menambah materi pelajaran semester genap ang belum tuntas,” katanya.

Agenda kegiatan Ramadhan MTs Negeri 2 Banjarnegara meliputi Pesantren Kilat Ramadhan (materi sholat dhuha, tadarus al-qur’an dan kultum), pengumpulan dan pentasharufan zakat fitrah dan zakat maal dan khataman al-Qur’an serta nuzulul qur’an sebagai penutup dari kegiatan selama Ramdhan. (Reff/Nafis/ak)