MTs Negeri 2 Banjarnegara Juara Robotik Nasional

Banjarnegara-  Dua siswa MTs Negeri 2 Banjarnegara, Bagas Indra Permana (8D) Rizqy Novalian M.P (8F) berhasil memenangkan juara II Robotik Tingkat Nasional kategori Line Follower Analog dalam Kompetisi Grand Final The Best Madrasah Robotic Competition (MRC) 2020,

Lomba dilaksanakan  sejak 26 Januari-10 Februari  2021 di Kampus Islam As-Syafiiyah Jakarta melombakan  tujuh (7) kategori yakni, Line Follower Analog, Creative, Internet Of Thinking (IOT), Sumo IT, Under Water, Aphibious, dan Maze Solving. 

MRC merupakan ajang Kompetisi Robotika dan Otomasi tingkat Madrasah se-Indonesia mulai dari menemukan ide, merakit atau merancang, mengoperasikan hingga menemukan teknologi baru di bidang robotika dan otomasi yang dirancang agar memiliki manfaat bagi kehidupan manusia. Lomba ini bermanfaat untuk mengembangkan daya nalar dan membangun cara berfikir siswa lebih kreatif dan inovatif.

Direktur KSKK Madrasah Kementerian Agama, A. Umar, dalam sambutan pada buku panduan kompetisi menjelaskan,  pendidikan madrasah ditujukan untuk membangun landasan bagi berkembangnya potensi peserta didik.  Untuk mencapai tujuan tersebut diperlukan berbagai program antara lain adalah dalam bentuk kegiatan kesiswaan.

Program Robotic Madrasah Competition (MRC) sebagai ajang kompetisi robot tingkat madrasah ini sudah memasuki tahun ke enam sejak pertama kali diselenggarakan pada tahun 2015 di Cilandak Town Square, Jakarta Selatan. Di tahun keenam ini diharapkan terjadi peningkatan kualitas dan output yang dihasilkan, karena kompetisi Robotik Madrasah merupakan program baru yang menjadi salah satu program unggulan Direktorat KSKK Madrasah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama.

“Alhamdulillah anak-anak kita bisa meraih predikat juara II Tingkat Nasional dalam kompetisi robotik. Semoga  ini menjadi pendorong bagi siswa-siswi yang lain dan kalangan madrasah untuk lebih beprestasi.”  ucap Kepala Madrasah, Ratna Ayu Kartika Wulan.

Ratna sangat mengapresi kegiatan tersebut dan menyampaikan ucapan rasa syukur dan terimakasih kepada seluruh keluarga besar Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara khususnya dan keluarga besar MTs N 2 Banjarnegara yang telah berkontribusi memberi dukungan, support dan doa bagi tim robotik sehingga berhasil meraih kemenangan yang membanggakan. “Karena  ini prestasi yang sangat bergengsi, semoga di tahun-tahun mendatang bisa lebih baik lagi” harapnya.

Pembina robotik, Hengky Febriyanto merasa sangat bangga bisa membawa siswanya meraih pestasi  di tingkat Nasional.” Ini pertama kali bagi saya membawa anak-anak mengikuti kompetisi robotik, paling tidak pengalaman ini dapat menjadi bekal lebih mengenal medan kompetisi, sehingga harapannya ke depan MTs N 2 Banjarnegara konsisten untuk mengikuti lomba robotika, tentunya dengan target juara pertama” ungkap nya. (Ref/Nafis)