Murah Data, LKPD Online Jadikan Alternatif Dalam Pembelajaran

Banjarnegara – Antisipasi perpanjangan PPKM (Program Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Level 4, Guru MTs Cokroaminoto Badamita kembali menggunakan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) secara online sebagai media pembelajaran. LKPD Online dipilih karena memenuhi berbagai aspek keterbatasan yang ditemukan Peserta Didik (2/8).

Mukhlisin sebagai Waka Kurikulum menjelaskan LKPD online merupakan alternatif yang pas sebagai media pembelajaran.

“Kita tahu segala keterbatasan dalam pembelajaran sudah kita jumpai selama 1 tahun masa pandemi, memperkenalkan berbagai macam aplikasi sudah kita lakukan demi lancarnya pembelajaran, mulai dari Zoom, Google meet, E-learning, sampai Google Class Room namun tingkat partisipasi siswa sedikit dikarenakan keterbatasan kuota menjadi alasan utama. Menggunakan LKPD On line merupakan jawaban yang tepat untuk mengantisipasi kendala tersebut,” terangnya.

Guru harus mampu memilih media pembelajaran sesuai dengan materi pembelajaran, tujuan pembelajaran, situasi dan kondisi peserta didik serta sarana prasarana yang dimiliki. “LKPD Online yang di kembangkan oleh guru di MTs Cokroaminoto Badamita ditekankan pada kesesuaian antara KI, KD, materi, dan tujuan pembelajaran, serta sarana dan prasarana,“imbuhnya.

Secara konseptual LKPD on line berperan dalam proses pembelajaran, selain merupakan media untuk melatih daya ingat peserta didik terhadap pelajaran yang diperoleh, LKPD On Line juga diharapkan mampu meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dengan memenuhi segala aspek yang dibutuhkan peserta didik. (mda/ak)