PAIF KUA Susukan Bimbing dan Serahkan Sertifikat Arah Kiblat

Banjarnegara – Penyuluh Agama Islam Fungsional (PAIF) pada KUA kecamatan Susukan, Yusuf Adi Yulianto didampingin Penyuluh Agama Islam Non PNS Parmono dan Yunanik memberikan bimbingan dan menyerahkan sertifikat arah kiblat dari Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara kepada Imam Supardi selaku Takmir Masjid Naurah Al Ghousin, yang dilaksanakan pukul 15.00 WIB dihadapan tokoh agama dan tokoh masyarakat dan bertempat di rumah Joko Ratono desa Berta RT 02 RW 01 pada Senin (29/03/2021).

Yusuf Andi Yulianto selaku PAIF ikut berbahagia atas terbitnya sertifikat arah kiblat yang telah melaui proses panjang dengan pengukuran arah kiblat bersama tim dari KUA Susukan.

“Besar harapan saya dengan adanya sertifikat ini bisa menjadi kemantapan warga masyarakat muslim di wilayah desa Berta khususnya dusun Kalibangkang dalam beribadah salat di Masjid Naurah Al Ghousin yang telah diukur arah kiblatnya. Sehingga syarat “mustakbilal qiblati” dapat terpenuhi,” terangnya.

“Layanan pengukuran arah kiblat ini bukan hanya untuk desa Berta saja, namun untuk semua desa di wilayah kerja KUA kecamatan Susukan. Siapapun yang meminta kepada kami untuk mengukur arah kiblat tempat ibadah atau makam, akan kami layani dengan sebaik-baiknya, tentunya dengan surat permohonan yang dilayangkan ke KUA kecamatan Susukan.” Tambahnya.

Kepala KUA kecamatan Susukan, Afif Sarianto menyampaikan apresiasi terhadap kinerja PAIF yang senantiasa hadir mendampingi masyarakat yang membutuhkan layanan bimbingan dan penyuluhan serta informasi terkait layanan KUA seperti pengukuran arah kiblat ini.

“Saya akan layani dengan baik permintaan masyarakat yang menginginkan tempat ibadahnya, baik masjid atau Mushalla untuk diukur arah kiblatnya. Kami dari KUA telah memiliki alat yang sudah memenuhi standar kompetensi pengukuran arah kiblat. Kami juga sudah menggunakan aplikasi WEB SIHAT (Sistem Informasi Arah Kiblat) Kementerian Agama Republik Indonesia,” terangnya.

Tentunya dengan bantuan aplikasi SIHAT ini, ketetapan arah kiblat bisa sesuai sehingga bisa menambah keutamaan dalam ibdah sholat. (yay/ak)