PAIS Kemenag Banjarnegara Adakan Sosialisasi Penguatan Data Pendidikan Agama Islam

Banjarnegara – Dalam rangka pelaksanaan Program DIPA Tahun Anggaran 2021, Seksi Pendidikan Agama Islam pada Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara melaksanakan Sosialisasi Penguatan Data Pendidikan Agama Islam Pada SD, SMP, SMA dan SMK Kabupaten Banjarnegara. (16/3)

Sosialisasi Penguatan Data Pendidikan Agama Islam Pada SD, SMP, SMA dan SMK ini dilaksanakan di Ruang Madukara Hotel Surya Yudha dengan narasumber Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, H. Agus Suryo Suripto, dan Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, H. Muh. Subhan, serta Pelaksana Seksi PAIS. Adapun acara ini diikuti oleh 40 orang peserta yang terdiri dari seluruh Pengawas Pendidikan Agama Islam, Ketua MGMP SMP, SMA dan SMk Kabupaten, Ketua KKG Kecamatan, operator SMP, SMA, SMK dan seluruh operator Kecamatan

Dalam kesempatan kali ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto menyatakan bahwa data merupakan nyawa sebuah lembaga sehingga harus menginputnya dengan benar.

“Sekarang ini era digital, semua data harus didigitalkan, tentunya ini untuk memudahkan kita dalam bekerja. Selain itu saya meminta agar data-data terkait dengan Pendidikan agama Islam untuk selalu diperbaharui,” terangnya.

Beliau juga berharap para Pengawas PAI mampu menjadi editor berita bagi guru, KKG dan MGMP. Untuk itu Pengawas harus mendapatkan pelatihan jurnalistik. “Hal ini perlu dilakukan mengingat potensi yang dimiliki Kabupaten Banjarnegara sangat potensial sehingga perlu diberitakan agar orang lain mengetahui. Sebaliknya kita mendapatkan berita dari luar yang belum tentu kebenarannya sehingga perlu dicounter dengan berita-berita yang lebih baik. Hal itu menjadi tugas kita bersama,” tambahnya.

Sementara itu Kepala Seksi Pendidikan Agama Islam, H. Muh. Subhan menyampaikan bahwa Sosialisasi Penguatan Data pendidikan Agama Islam bertujuan untuk mendapatkan data pendidik dan tenaga kependidikan yang valid. Beliau juga berharap semoga dengan adanya sosialisasi ini, data Pendidikan Agama Islam di Kabupaten Banjarnegara semakin valid, lengkap dan terbaharui. (ak)