PAT Daring MTs N 1 Banjarnegara

PAT DARING MTs N 1 BANJARNEGARA

Sebanyak 518 siswa Kelas VII dan VIII MTs Negeri 1 Banjarnegara mengikuti Penilaian Akhir Tahun (PAT)  tahun ajaran 2019/2020 secara daring. PAT daring dijadwalkan berlangsung selama sepuluh hari, terhitung mulai tanggal 3 Juni 2020 hingga 13 Juni 2020. Sebelum dilaksanakannya PAT daring, panitia terlebih dahulu mendata siswa yang tidak mempunyai perangkat android dan siswa yang susah mendapat akses jaringan internet. Dari pendataan tersebut, tercatat sebanyak 23 anak tidak mempunyai perangkat android atau terkendala jaringan.

“Bagi siswa yang tidak memiliki perangkat android dan kesulitan jaringan internet akan difasilitasi komputer oleh madrasah, jadi siswa harus datang ke madrasah untuk mengikuti PAT daring dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan,” ungkap Tri Widayati, S.Pd. selaku Ketua Panitia PAT daring.

Sebelum pelaksanaan PAT daring, madrasah juga telah terlebih dahulu melaksanakan simulasi PAT daring selama dua hari, dengan tujuan memperkenalkan aplikasi kepada siswa dan menguji kesiapan aplikasi sehingga aplikasi siap digunakan tanpa ada kendala. Dalam pelaksanaan simulasi ini respon siswa yang mengikuti simulasi PAT daring mencapai 90%.

Dalam tiga hari pelaksanaan PAT daring, panitia menyampaikan bahwa sejauh ini pelaksanaan PAT daring di MTs Negeri 1 Banjarnegara berjalan tanpa kendala dan semua siswa 100% dapat mengikuti PAT secara daring, meskipun pada awalnya tercatat 23 anak tidak mempunyai perangkat android atau terkendala jaringan.

Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara, Drs. Moh. Zaenal, menyambut baik respon siswa dalam mengikuti PAT daring “ini merupakan kali pertama madrasah melaksanakan ujian secara daring dan bisa jadi merupakan cikal bakal pelaksanaan sistem belajar berbasis teknologi informasi serta tolak ukur kesiapan madrasah dan siswa dalam menyambut sistem baru tersebut,”ungkap beliau.(Kasri)