Pembangunan Gendung Baru MA Alfatah Banjarnegara, Siapkan Tata Ruang Startegis

Banjarnegara – Sebagai Madrasah berbasis pondok pesantren, MA Al Fatah Banjarnegara selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk Banjarnegara. Tidak hanya di ruang lingkup keagamaan atau tentang kepesantrenan, tetapi juga dalam edukasi atau pendidikan formal.

Seiring dengan meningkatnya kuantitas santri di pondok pesantren Al Fatah yang sudah mencapai 1.200 an santri yang akhirnya ikut berdampak pada  jumlah siswa di MA Alfatah. Sarana dan prasarana di MA pun terus ditambah, tak terkecuali gedung (ruang kelas).

Kepala Madrasah Alfatah Hj. Fitri Muhlishoh, saat di konfirmasi Kamis ini (6/5) di ruang guru menyampaikan bahwa di bulan Ramadhan ini, MA Alfatah memulai pembangunan gedung baru di lingkungan pondok pesantren Alfatah, tepatnya disamping MI alfatah gedung selatan. Pembangunan gedung ini sudah dimulai pada hari senin lalu 26/4.

MA Al Fatah sendiri sejatinya sudah memiliki 2 gedung, namun letaknya terpisah antara gedung satu dengan yang lainya. Satu gedung terletak didekat kantor yayasan Pondok Pesantren Alfatah, yang terdiri dari beberapa ruang kelas, satu ruang guru, 2 ruang lab dan 1 raung perpustakaan. Sementara untuk gedung utama, terdiri dari beberapa ruang kelas, ruang kepala sekolah, ruang guru, ruang TU, ruang OSIM, Pamuka dan lain sebagainya.

Secara fisik gedung baru yang sedang dibangun ini memiliki luas tanah 225 m2. Pembangunan gedung baru ini rencananya akan dibuat 3 lantai yang terdiri dari sebuah basement dan 4 ruang kelas. Untuk pembangunannya diperkirakan selesai pada awal tahun 2022. Gedung baru ini ditujukan untuk membuat ruang kelas baru yang kedepannya setiap kelas di MA Alfatah Banjarnegara diisi oleh siswa putra saja atau hanya siswa putri saja yang artinya ruang kelas putra dan putri dipisah.

“Mohon doa restunya, InsyaAllah MA Alfatah akan  membuat gedung baru lagi. Kita akan buat 4 ruang kelas baru. Kedepannya kita akan pisah untuk ruang kelas putra sendiri, dan putri sendiri,” ucapnya.

Gedung baru ini akan dipergunakan hanya untuk siswa putra saja, tidak hanya untuk program keagamaan saja, tetapi juga untuk program IPA dan IPS. Sedangkan untuk gedung yang didekat kantor yayasan Pondok Pesantren Al fatah, akan difungsikan untuk beberapa ruang laboratorium, ruang multi media, dan perpustakaan saja.

“Gedung lama akan kita fungsikan untuk sarana penunjang MA Saja, seperti Lab dan Perpustakaan, untuk kelas kita digedung baru semua yakni gedung utama dan yang sedang di bangun,” pungkas Ibu kepala Madrasah. (IS/mnh)