Penggerak Pembelajar Di Masa Pandemi, Pengawas Gandeng K3MI

Banjarnegara – Pengawas madrasah Tingkat  RA/MI Kecamatan Bawang, Sri Harliyati menggandeng Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah (K3MI) melalui pengurus harian sebagai penggerak, pelopor, uswah dan motivator guru-guru di madrasahnya dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid_19. 

Terkait tujuan tersebut, dilaksanakan koordinasi dan kolaborasi Senin ini (01/3), bertempat di gedung pusat kegiatan guru kecamatan Bawang. Peserta terdiri dari 5 orang pengurus harian K3MI. Adapun agendanya yakni; perencanaan program, pelaksanaan program, pendampingan, pemantauan, evaluasi program dan tindak lanjut

“Selama masa pandemi mulai Maret 2020 hingga sekarang guru dan siswa belum bisa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di madrasah. Sehingga membuat kejenuhan siswa dan orang tua siswa yang mendampingi putra putrinya belajar dari rumah,” ungkap,” ungkapnya.

Oleh karena itu untuk menumbuhkan motivasi guru, siswa dan warga madrasah pengawas madrasah menggandeng K3MI sebagai penggerak pembelajar yang menyenangkan, sebagai antisipasi sekaligus solusi keluhan siswa dan wali murid/orang tua siswa dalam mendampingi belajar dari rumah, lanjutnya.

Penggerak pembelajar ini harus bisa memotivasi Kepala Madrasah terlebih dahulu, menumbuhkan ghiroh,  memantau dan mendampingi actionnya di madrasah masing-masing. Ada 15 MI yang menjadi  binaan pengawas madrasah di kec Bawang, yaitu : 1 MI Negeri, 1 MI GUPPI, 2 MI Cokro,  1 MI Al Fatah, 1 MI Al Huda, 2 MI Ma’arif, dan 7 MI Muhammadiyah

“Kepala madrasah harus bisa menjadi motor penggerak pembelajar yang menyenangkan sekaligus sebagai motivator guru-gurunya di madrasah masing-masing.  Dalam melaksanakan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi dengan  memanfaatkan prasarana dan fasilitas yang tersedia di madrasah sehingga dalam melaksanakan pembelajaran lancar dan menyenangkan” ujarnya.

Ketua K3MI, M. Ali Imron menyatakan bahwa kepala madrasah  harus siap menjadi motor penggerak pembelajar yang inovatif dan motivator guru-guru dengan memfasilitasi prasarana sesuai dengan situasi kondisi,  kebutuhan dan kemampuan madrasah.

“Dengan semangat sehat menuju madrasah hebat bermartabat, K3MI siap berkolaborasi dengan pengawas madrasah menjadi mitra kerja yang solid,” tegasnya.

Seluruh peserta dari K3MI akan  segera menindaklanjuti program tersebut sesuai situasi dan kondisi madrasah. (Sr/Mnh)