Banjarnegara–Kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan MGMP Matematika MTs Kabupaten Banjarnegara memasuki kegiatan in ke-tiga. Bertempat di laboratorium komputer MTs Negeri 1 Banjarnegara kegiatan In-3 dilaksanakan pada Senin (11/11).
Diikuti oleh 22 orang peserta dari MTs Negeri dan Swasta di kabupaten Banjarnegara, In-3 menghadirkan fasilitator daerah mata pelajaran matematika yang merupakan guru matematika MTs Negeri 1 Banjarnegara, Yuniyati.
Yuniyati, mengawali In-3 dengan menyemangati seluruh peserta PKB. Selanjutnya fasda matematika yang akrab disapa Yuni ini mulai memahamkan prinsip pembelajaran kurikulum merdeka dengan menggali seberapa dalam peserta sudah memahami melalui kegiatan Brainstorming.
“Hebat, semua jawaban ibu bapak peserta yang dituliskan di stiky note tadi sudah ada yang benar… yakni dirancang secara kontekstual dan sesuai karakteristik peserta didik, berorientasi pada nilai ibadah dan masa depan, mendukung pengembangan kompetensi dan karakter secara holistik serta membangun pembelajar sepanjang hayat, “ terang Yuni bersemangat.
Lebih lanjut Yuniyati menjabarkan bagaimana perancangan pembelajaran kurikulum merdeka, penyusunan TP dan ATP.
“Dalam pembelajaran kurikulum merdeka pencapaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, dan acuan tujuan pembelajaran merupakan tiga elemen kunci yang saling terkait dan penting. Ketiga elemen ini memberikan kerangka kerja yang jelas dan terstruktur dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengaktifkan proses pembelajaran.,” terang Yuniyati.
Yuniyati menyampaikan bahwa capaian pembelajaran merupakan gambaran konkret tentang hasil belajar yang diharapkan peserta didik mencapai setelah mengikuti suatu pembelajaran.
Sementara tujuan pembelajaran adalah pernyataan yang jelas tentang apa yang ingin dicapai oleh peserta didik selama proses pembelajaran. Adapun acuan tujuan pembelajaran merujuk pada sumber daya, standar, atau referensi yang digunakan untuk mengukur pencapaian tujuan pembelajaran.
“CP, TP dan ATP memiliki peran yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Ketiga elemen ini membantu menciptakan proses pembelajaran yang terarah, efektif, dan bermakna bagi peserta didik.” Lanjutnya.
“Kalau boleh disimpulkan, dengan adanya capaian pembelajaran yang jelas, tujuan pembelajaran yang terukur, serta acuan tujuan pembelajaran yang objektif, pendidikan dapat memberikan manfaat yang maksimal bagi perkembangan dan kemajuan peserta didik serta masyarakat secara keseluruhan.” Pungkasnya. (lin)