Penyuluh Islam Dan PAC Fatayat Karangkobar Adakan Pembinaan Keluarga Sakinah

Banjarnegara – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Fatayat Nahdatul Ulama (NU) kecamatan Karangkobar bekerjasama dengan Penyuluh Agama Islam KUA kecamatan Karangkobar, melaksanakan kegiatan pembinaan Keluarga Sakinah. Adapun kegiatan pembinaan keluarga sakinah ini bertempat di pondok pesantren Nurul Mubin Desa Gumelar Kecamatan Karangkobar pada hari Selasa (9/3). 

Acara  pembinaan keluarga sakinah ini diikuti oleh seluruh Pengurus Ranting Fatayat se-Kecamatan Karangkobar, masing-masing Ranting/Desa mengirimkan 2 peserta dari 13 Desa Di kecamatan Karangkobar. 

Dalam sambutannya, Widya Wahyuni selaku Ketua PAC Fatayat Kecamatan Karangkobar menyampaikan, kegiatan ini perlu diadakan dalam rangka peningkatan kualitas perempuan dalam mencapai keluarga sakinah.

“Sebagaimana kita tahu banyak sekali terjadi kerentanan dalam keluarga akibat perkembangan teknologi, kekurangan ekonomi dan sebab lain yang dapat memunculkan ketidakharmonisan dalam rumah tangga. Kita perlu untuk terus belajar dan menerapkan keluarga yang sakinah mawadah wa rahmah. Fatayat NU juga harus dapat menjadi contoh bagi masyarakat di sekitarnya,” tambahnya.

Dalam kesempatan ini Duwi Rohmah, Penyuluh Agama Islam Fungsional KUA Kecamatan Karangkobar menyampaikan tentang keluarga yang memiliki banyak fungsi, diantaranya membangun budaya spiritual, cinta kasih (saling menyayagi dan meghargai), reproduksi, ekonomi, pendidikan, perlindungan, sosial-kemasyarakatan dan rekreasi.

“Apabila seluruh fungsi berjalan seperti seharusnya maka akan meghadirkan suasana kedamaian, ketentraman dan kebahagiaan hidup dan terciptalah keluarga sakinah. Dalam berkeluarga, pernikahan adalah suatu ibadah terlama, maka dibutuhkan kesabaran, perjuangan dan keiklasan secara terus menerus,” terangnya. (dw/ak)