Penyuluh Islam Sosialisasikan Gerakan 5M Kepada Pegawai PMKS Pamardi Raharjo

Banjarnegara – Penyuluh Islam pada Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Bawang Kabupaten Banjarnegara, mengadakan sosialisasi gerakan penerapan protokol Kesehatan 5M kepada para pegawai Kantor Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) Pamardi Raharjo Kabupaten Banjarnegara yang berjumlah 19 orang dan bertempat di Aula PMKS Pamardi Raharjo. (15/2).

Penyuluh Agama Islam Fungsional, Siti Musyarifah dalam acara ini menyampaikan pentingnya penerapan protokol Kesehatan 5M guna mencegah penyebaran Covid-19. “Dulu upaya pencegahan Covid-19 dilakukan dengan 3M yaitu menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan, sekarang ini jadi 5M dengan ditambah menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas,” terangnya.

Beliau juga menyatakan bahwa pandemi ini akan terus berlangsung dan tidak tahu kapan selesesainya, oleh karenanya penerapan protokol kesehatan dengan 5M ini sebagai ikhtiar untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 ini.

“Salah satu hikmah adanya Covid-19 ini adalah mengajarkan kepada kita untuk selalu berperilaku bersih dan menjaga kebersihan seperti sabda Nabi Muhammad yang menyatakan bahwa kebersihan adalah sebagain daripada iman,” jelasnya.

Sementara itu, Hartanto kepala PMKS Pamardi Raharjo menyatakan ucapan terimakasih kepada penyuluh Islam KUA Kecamatan Bawang yang telah mensosialisasikan Gerakan 5M kepada pegawai PMKS Pamardi Raharjo.

“Masa pandemi memang masa yang sangat sulit, dalam kesempatan kali saya juga berharap semoga jumlah penyandang masalah kesejahteraan sosial di Kabupaten Banjarnegara ini tidak bertambah,dan semoga lewat acara ini, ada perhatian dari Kementerian Agama dan pihak yang terkait untuk menyisihkan rejekinya guna membantu mereka yang terdampak,” jelasnya. (ak)