Perbanyak Amalan di Bulan Ramadan dengan Membaca Al-Qur’an

Banjarnegara – Bulan Ramadan merupakan bulan istimewa bagi setiap muslim untuk berlomba-lomba meningkatkan amalan ibadahnya. Tak terkecuali siswa-siswi MTs Negeri 4 Banjarnegara. Selama bulan suci Ramadan ini para siswa memperbanyak amalan ibadah dengan tadarus dan tahfidz Al-Qur’an didampingi oleh pembina keagamaan. Tadarus dan tahfidz Al-Qur’an dijadwalkan tiap hari selama dua jam, dilaksanakan di mushola madrasah.

“Pada hari-hari biasa sebetulnya pembiasaan tadarus Al-Qur’an memang dilakukan, hanya untuk saat ini selama bulan suci Ramadan kami tambah waktunya,” jelas kepala madrasah, Sidik Wibowo Akhmad pada Senin, (11/4)

Jadwal kegiatan belajar mengajar (KBM) di madrasah selama bulan suci Ramadan memang berbeda dari hari-hari biasa, sesuai dengan surat dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara tertanggal 29 Maret 2022 tentang pemberitahuan KBM pada bulan Ramadan. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa KBM selama Ramadan diarahkan untuk peningkatan keimanan, ketakwaan, pendalaman, pemahaman, dan keterampilan ibadah. Sedangkan kepala madrasah diwajibkan melaporkan KBM selama Ramadan kepada Kantor Kementerian Agama Kabupaten.

“Selama Ramadan ini kegiatan pembelajaran di MTsN 4 Banjarnegara kami terapkan 50 persen untuk amaliah Ramadhan dan 50 persen untuk pembelajaran biasa,” jelas kepala madrasah lagi.

Selama kegiatan tadarus dan tahfidz Al-Qur’an, para siswa mengikuti kegiatan dengan penuh semangat walaupun dalam kondisi berpuasa. Mereka dengan tertib duduk membaca Al-Qur’an. Selesai tadarus dan tahfidz Al-Qur’an, para siswa kemudian masuk ke kelas masing-masing dilanjutkan dengan kegiatan setoran hafalan Juzz Amma kepada pembimbing masing-masing. (khm)