Perdalam Pengetahuan Agama dengan Olimpiade PAI

Banjarnegara – MTs Negeri 1 Banjarnegara mengadakan olimpiade Pengetahuan Agama Islam (PAI) pada Kamis, (4/11). Pelaksanaan olimpiade PAI ini bertempat di ruang kelas MTs Negeri 1 Banjarnegara. Olimpiade PAI diadakan dalam rangka peringatan Maulid Nabi SAW.

Berdasarkan rapat panitia penyelenggara Peringatan Maulid Nabi, olimpiade PAI ini merupakan lomba tentang pengetahuan agama Islam yang diajarkan di madrasah. Olimpiade ini diikuti oleh perwakilan semua jenjang kelas, kelas 7 sampai kelas 9 dengan masing-masing kelas mengirim 2 perwakilan.

“Pengetahuan tentang agama Islam sangat penting untuk dikuasai oleh siswa, terlebih mereka bersekolah di madrasah. Lomba ini bertujuan untuk memperluas wawasan anak-anak dalam bidang agama Islam,” tutur Abdul Majid, pembina keagamaan MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Materi yang dilombakan dalam olimpiade PAI ini diambil dari pelajaran Akidah Akhlak, Quran Hadis, Sejarah Kebudayaan Islam, dan Bahasa Arab. Soal diambil dari materi-materi yang diajarkan di MTs Negeri 1 Banjarnegara. Pengambilan materi yang dilombakan juga merata dari pelajaran agama kelas 7, kelas 8, dan kelas 9.  

Pelaksanaan olimpiade PAI ini dibagi menjadi 2 sesi. Sesi pertama merupakan babak penyisihan yang diikuti oleh semua peserta olimpiade. Dalam babak penyisihan ini semua peserta mengerjakan 50 soal yang diambil dari materi keagamaan kelas 7, 8, dan 9. Selanjutnya, sesi dua merupakan babak final yang diikuti oleh peserta yang nilainya tinggi. Masing-masing jenjang kelas diambil 8 tertinggi untuk berjuang kembali di babak final.

Eko Widodo, kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara sangat mendukung pelaksanaan Olimpiade PAI ini. Eko menyampaikan bahwa dengan diadakannya olimpiade PAI ini, siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara bisa membekali siswa dengan pengetahuan-pengetahuan agama Islam.

“Saya sangat senang  dengan diadakannya olimpiade PAI ini. Siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara memang sudah sepatutnya mendalami ilmu-ilmu agama sebagai bekal mereka dalam bermasyarakat nantinya,” ujar Eko Widodo.

Dengan diadakannya olimpiade PAI ini, diharapkan wawasan siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara bertambah banyak, khususnya di bidang agama. Keuntungan besar yang didapatkan dari siswa yang sekolah di madrasah, mereka mendapat ilmu umum dan ilmu agama yang keduanya sangat penting untuk dikuasai. Semoga siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara bisa mengamalkan imu mereka yang didapatkan dari jenjang pendidikan, khususnya di Madrasah Tsanawiyah. (rin/ak)