Peringati Hari Bumi, Siswa Mts N 1 Banjarnegara Praktik Menanam Bibit Pohon

Banjarnegara – Peringati Hari Bumi, siswa-siswi MTs N 1 Banjarnegara, praktik langsung dalam penanaman bibit pohon, pada Kamis (22/4/2021).

Tidak hanya di taman di lingkungan sekolah, para siswa-siswi kelas 7 dan 8, serta 9 ini juga menanam bibit pohon di luar lingkungan sekolah, seperti di belakang rumah atupun lahan kebun milik orangtuanya.

“Kegiatan Hari Bumi ini bertema restore our earth atau pulihkan bumi kita yang dilakukan kelas 7, 8 dan 9. Meskipun kegiatan ini dilakukan pada saat pembelajaran jarak jauh ataupun daring. Akan tetapi tidak menutup kemungkinan semangat serta antusias para siswa untuk menanam bibit pohon dalam memperingati hari bumi,” ungkap Ikhsan selaku Waka Kesiswaan.

Zaenal selaku kepala Madrasah menyampaikan bahwa, melanjutkan bumi harus diselamatkan karena perilaku buruk manusia seperti menggunduli hutan, menggunakan pestisida berlebihan, pencemaran limbah, limbah plastik dan lain-lain.

Tidak hanya dalam memperingati hari bumi ini, Zaenal selalu mendorong kesadaran anak-anak utk menjaga bumi dari kerusakan ekosistem dunia.

Menurutnya cara yang paling sederhana untuk menyelamatkan bumi ialah penghijauan atau penanaman pohon.

“Kita mulai dari yang sederhana saja, misalnya menanam banyak pohon seperti yang sudah dilaksanakan, mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, mengumpulkan koran bekas,” katanya.

Tidak hanya itu, Para Guru Madrasah, salah satunya Novi selaku Guru IPA berharap bahwa, dengan adanya kegiatan ini, anak-anak tidak hanya pandai menanam pohon, akan tetapi mereka (Siswa) dapat menjaga, agar bumi salalu sehat. (rizky/ak)