Peringati Nuzulul Quran, OSIM MA Al Fatah Adakan Khataman Al Quran 30 Juz

Banjarnegara – OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) MA Al-Fatah Banjarnegara merupakan organisasi kesiswaan yang memiliki tujuan tertentu baik yang berada di dalam lingkup maupun luar Madrasah. Pembentukan Organisasi ini dimaksudkan untuk mempersiapkan siswa siswi terpilih untuk siap bersaing di dunia luar dengan melalui pelatihan kepemimpinan, keterampilan, daya kreasi, kesegaran jasmani, patriotisme, dan idealisme.

Pada prinsipnya, siapapun bisa menjadi pengurus OSIM. Namun karena menjadi pengurus OSIM memiliki beban tersendiri, maka terdapat seleksi untuk menentukan siswa yang akan menjadi pengurus OSIM. Dalam tubuh OSIM sendiri terdapat struktur organisasi yang akan menjalankan seluruh program kerja OSIM itu sendiri, mulai dari Pembina OSIM, Pengurus OSIM seperti ketua sampai koordinator masing – masing bidang, tak terkecuali koordinator bidang keagamaan.

Dalam rangka menyambut dan memeriahkan Nuzulul Quran di bulan Ramdhan tahun ini, Koordinator bidang keagamaan OSIM MA Alfatah Banjarnegara disibukkan dengan berbagai macam kegiatan keagamaan salah satunya adalah khataman Al-Quran 30 Juz. Kegiatan ini merupakan salah satu dari program kerja Koordinator ini. Dalam masa Pandemi Covid 19 ini, kegiatan Khataman dilaksanakan secara virtual.

Pembina OSIM MA Al Fatah Banjarnegara, Ilham Sodiq menjelaskan beberapa kegiatan di bulan Ramadahan. “Pada bulan Ramadhan biasanya OSIM mengadakan acara tarling, bakti social, buka bersama dan Khataman Al-Quran untuk memperingati Nuzulul Quran. Namun karena kondisi masih Pandemi seperti ini maka kita lakukan khataman dengan virtual,” terangnya

“Khataman Al-Qur’an 30 juz ini dibaca dirumah masing – masing dan berlangsung selama kurang lebih 7 hari, lebih lama dari biasanya yang ketika tatap muka bisa dilaksanakan serentak dalam satu hari,” imbuhnya.

Setiap anggota OSIM masing – masing membaca 2 juz. koordinator bidang keagamaan membagi dan menentukan setiap anggota dalam pembagian pembacaan Al-Qur’an. Sementara untuk pembacaan doa khotmil Qur’an oleh Pembina OSIM.

Mekanisme pelaksanaan khataman ini dengan cara membuat grup WA yang terdiri dari seluruh anggota OSIM dan Pembina OSIM. Grup tersebut dibuat List yang berisi no juz dan nama pembaca. Ketika sudah selseai membaca juz tersebut, maka diberi tanda centang. Doa khataman dibaca ketika seluruh Juz sudah selesai.

“Tujuan dari diadakannya Khataman Al-Quran 30 juz ini adalah selain dari pada melaksanakan program kerja OSIM, juga mempererat tali Silaturahmi, meningkatkan keimanan dan ketakwaan pada Allah swt serta berusaha mengamalkan, membaca dan belajar Al-Quran agar mendapat syafaat Al-Quran dan mendapat predikat insan terbaik,” pungkas Ilham. (is/ak)