Ratna Ayu, Terpilih Sebagai Ketua KKM MTs Kemenag Banjarnegara

Banjarnegara – Selasa (16/2) bertempat di Aula Masjid Al – Ikhlas Kantor Kementerian Agama Kab. Banjarnegara Seksi Pendidikan Madrasah mengadakan sosialisasi Ujian Madrasah (UM) kepada Kelompok Kerja Madrasah, Madrasah Tsanawiyah (KKM MTs) Kemenag Kabupaten Banjarnegara dengan jumlah peserta 43 orang.

Dalam acara ini, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara, Agus Suryo Suripto memberikan arahan dan pembinaan kepada peserta sosialiasi tentang tiga sukses ujian madrasah yaitu sukses perencanaan, sukses pelaksanaan dan sukses hasil.

Beliu juga mengingatkan kepada kepala madrasah untuk memastikan data peserta ujian madrasah valid mengingat pembelajaran selama ini dengan system daring, dan untuk memastikan kuota data peserta UM cukup ketika pelaksanaan UM dengan system online/daring. “Sudah menjadi hak peserta didik untuk mengikuti UM sehingga harus dipersiapkan sedini mungkin dengan melalui pengayaan materi dan bimbingan yang maksimal sehingga nantinya hasil ujian madrasah juga semakin lebih baik,” terangnya.

Sementara itu Kasi Penmad,Slamet Wahyudi  dalam sosialisasi ini menyampaikan bahwa berdasarkan SE. Dirjen pendis Nomor B-298/DJ.I/PP.00/02/2021 tahun 2021 tentang penyelenggaraan kelulusan dan kenaikan kelas untuk UN dan UAMBN pada jenjang MA dan MTs dijelaskan bahwa ujian nasional itu ditiadakan dan digantikan dengan UM sesuai dengan yang di atur dalam SK. Dirjen Pendis Nomor 752 tahun 2021 tentang  POS Ujian Madrasahtahun pelajaran 2020/2021.

Beliau juga mengingatkan bahwa pada masa pandemi Covid-19, madrasah dapat menyelenggarakan UM secara daring dan/atau tatap muka, sesuai dengan kondisi daerah masing-masing. “Adapun pelaksanaan Ujian Madrasah sendiri drencanakan mulai tanggal 15 Maret – 10 April 2021 sedangkan untuk pengumuman kelulusan jenjang MTs diperkirakan tanggal 04 Juni 2021,” jelasnya.

Selain sosialisasi UM untuk jenjang MTs juga, pada kegiatan ini juga diadakan pemilihan ketua KKM MTs Kemenag Banjarnegara yang baru mengingat ketua yang lama, Yatiman telah pindah tugas di MTs N Wonosobo. Dan dalam pemilihan tersebut semua peserta secara aklamasi memilih Ratna Ayu Kartika Wulan kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara sebagai ketua KKM MTs Kemenag Banjarnegara masa periode 2020 – 2023.

Dalam sambutan sebagai ketua KKM MTs, Ratna Ayu menyampaikan ucapan terima kasih atas kepercayaan teman-teman kepala MTs. “Saya siap menjalin komunikasi dengan kemenag dan teman – teman kepala MTs dan siap menjalankan program yang telah disusun oleh ketua yang lama. Saya juga meminta dukungan teman-teman kepala MTs agar semua program dapat berjalan untuk melayani madrasah menjadi lebih baik,” imbuhnya (kan/ak)