Safari Ramadhan MA Nurul Hikmah Kalibening

Banjarnegara – Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan ramadhan, Pengurus OSIM MA Nurul Hikmah (MANH) Kalibening mengadakan kegiatan Safari Ramadhan. Kegiatan dimulai dengan mendatangi TPQ Nurul Hidayah Sirukem Jurang (29/04/21) ba’da ashar. Pengurus OSIM yang dipimpin oleh Nihayatul Jannah, siswi kelas XI MANH ini, datang ke TPQ pukul 15.30 WIB. Selain ikut membantu pengurus TPQ mengajar santri dalam membaca iqra/qira’ati, juga memberi motivasi agar para santri tetap bersemangat dan tidak ogah-ogahan untuk rajin mengaji. Karena biasanya jumlah anak ngaji di bulan puasa agak berkurang dari pada bulan-bulan yang lain.

“Meski tidur siang ba’da dhuhur disunnahkan oleh sebagian ulama, yaitu diantaranya Al Munawi dan Al’ani, tapi tidurnya jangan kelamaan ya. Sebelum adzan ashar, sudah bangun dan bersiap-siap ngaji ke TPQ. Jangan malas dan ogah-ogahan. Karena setiap amalan yang dilaksanakan pada bulan puasa, akan mendapat pahala yang berlipat-lipat,”  ujar Aya, panggilan akrabnya.

Untuk menambah semangat anak-anak mengaji, Aya dan tim-nya juga memberikan beberapa pertanyaan kuis berhadiah. Pertanyaan seputar bulan puasa, seperti; sebutkan 3 amalan di bulan puasa, 3 doa yang tidak tertolak, doa niat/buka puasa, dan sebagainya. Bagi yang bisa menjawab, akan menerima bingkisan. Bingkisan bisa berupa alat tulis, mushaf Al-Qur’an, Iqra/Qira’ati, kue lebaran, sirup, dan lain-lain. “Mereka yang tidak bisa menjawab atau tidak kebagian pertanyaan juga mendapat hadiah hiburan seperti makanan ringan atau takjil,” ungkapnya.  

Melihat antusias santri, OSIM MANH bermaksud menggelar Safari Ramadhan berikutnya pada TPQ Al-Iman Sawalan Kalisatkidul minggu berikutnya. Kegiatan tersebut disertakan juga dengan sosialisasi PPDB MANH. Sebelumnya, mereka telah mengumpulkan donasi dari para guru, komite, dan yayasan PP Nurul Hikmah. (sg/ak)