Sambut Ramadan, OSIM MAN 2 Banjarnegara Gelar One Day One Juz

Banjarnegara – OSIM (Organisasi Siswa Intra Madrasah) MAN 2 Banjarnegara punya tradisi khusus dalam menyambut bulan Ramadan yaitu menggelar kegiatan Tadarus Al-Qur’an One Day One Juz, membaca Al-Qur’an satu hari satu juz sejak hari pertama puasa yang diikuti oleh pembina dan pengurus OSIM sebanyak 64 orang. (13/4)

Kegiatan tersebut rencananya akan dilanjutkan sampai berakhirnya bulan Ramadan dengan pembagian masing-masing juz terdiri dari 2-3 orang pembaca secara daring dari rumah masing-masing.

Kepala Madrasah, Ridlo Pramono mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan tersebut. “Sangat bagus untuk mengisi bulan suci ini dengan kegiatan positif, apalagi pahalanya akan digandakan menjadi 10 kali lipat. Manfaatnya tentu luar biasa, bisa menjadi syafaat kelak di  yaumulakhir nanti,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Laboratorium Pendidikan Agama Islam MAN 2 Banjarnegara, M. Ali Sholihudin Z. yang menyampaikan bahwa kegiatan tersebut sangat bermanfaat. “Tentu saja banyak manfaatnya. Selain beribadah juga bisa menambah kekompakan dan rasa kekeluargaan antar anggota,” jelasnya.

Sementara Agus Mahmud, Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan menjelaskan bahwa kegiatan ini dilaksanakan secara daring dengan salah satu tujuannya adalah untuk semakin mendekatkan diri peserta kepada Alloh Swt.  “Kegiatan ini dilakukan dari rumah masing-masing dan pendataan maupun laporan dilakukan menggunakan aplikasi WhatsApp. Nanti setiap pagi sekretaris OSIM yang akan merekap data dan menjadwal ulang. Jadi setiap hari bisa berganti juz ya,” jelasnya.

M. Sahrul Ma’ruf selaku Ketua OSIM menyebutkan jika kegiatan ini merupakan agenda tahunan. “Kami rutin menggelarnya tiap tahun dan sudah dilakukan secara turun-temurun. Kegiatan ini juga menjadi salah satu cara kami menjaga silaturahmi serta sinergitas antar pengurus dan pembina,” pungkasnya. (ta/ak)