gotong royong memperbaiki genteng

Sinergitas KKMI dan PGRI Kecamatan Purwanegara Adakan Kerja Bakti

Banjarnegara – Pengawas Pendidikan Agama Islam (PENDAIS) Kecamatan Purwanegara, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah (KKMI) Kecamatan Purwanegara dan PGRI Kecamatan Purwanegara melakukan kegiatan kerja bakti perbaikan kantor PENDAIS Kecamatan Purwanegara. Mengingat kegiatan tersebut berlangsung di tengah masa pandemi covid-19, KKMI hanya mewajibkan satu perwakilan guru dari tiap Madrasah Ibtidaiyah (MI) se-Kecamatan Purwanegara dan dibantu oleh 6 anggota PGRI Kecamatan Purwanegara (17/7).

Pengawas PENDAIS yang turut serta dalam kerja bakti ini, ketua PGRI dengan didampingi 6 anggotanya, ketua KKMI, Guru PAI, dan perwakilan guru dari tiap MI secara gotong royong menurunkan genteng, membongkar kerangka atap dan plafon kantor PENDAIS yang sudah lapuk termakan usia.

Ketua KKMI Kecamatan Purwanegara, Darsan di tengah – tengah kerja bakti menyampaikan pentingnya renovasi kantor PENDAIS khususnya bagian atap dan plafon.

“Saat musim hujan tiba, banyak genteng yang bocor. Selain itu kerangka atap yang terbuat dari kayu juga sudah banyak yang lapuk termakan usia. Kondisi plafon juga tidak kalah mengkhawatirkannya. Untuk itu saat musim kemarau ini, mau tidak mau kantor PENDAIS wajib direnovasi,” jelasnya.

Beliau juga menyatakan bahwa untuk kegiatan selanjutnya, setelah atap dan plafon dibongkar, renovasi akan dikerjakan oleh tenaga pekerja ahli yang kompeten di bidangnya.

Di sela – sela kegiatan, Nisam selaku anggota PGRI Kecamatan Purwanegara merasa senang dilibatkan dalam kerja bakti ini. “Meskipun kerja bakti ini dilakukan di kantor PENDAIS, saya sangat senang dilibatkan. Sesama abdi Negara dan abdi masyarakat, sudah selayaknya kita saling gotong royong dan membantu,” ungkapnya.

Sementara itu Pengawas PENDAIS, Sugiyanto di akhir kegiatan mengucapkan rasa syukur dan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dalam kerja bakti. “Saya pribadi sebagai orang yang secara langsung menggunakan kantor PENDAIS ini mengucapkan rasa syukur kepada Allah swt dan banyak terimakasih kepada Ketua PGRI dan anggotanya, Ketua KKMI dan anggotanya, semua pihak yang terlibat dalam kerja bakti ini. Terima kasih juga kepada guru RA/MI, Guru PAI, dan semuanya yang sudah bersedia mencurahkan pikiran, tenaga hingga materi untuk renovasi kantor PENDAIS,” ungkapnya.

Kerja bakti atau gotong royong sebagai salah satu perwujudan dari ideologi Bangsa Indonesia yaitu Pancasila, sekaligus ajaran agama Islam, sudah selayaknya dilestarikan dan digalakan. (sp/es/ak)