SMARTsDA 1.1, Aplikasi Android Besutan MTs Al Hidayah Twelagiri untuk Jalankan PAT

Pagedongan – MTs Al Hidayah Twelagiri meluncurkan aplikasi android yang bernama SMARTsDA 1.1 untuk mempermudah siswa – siswi kelas 9 dalam mengerjakan sol PAT (Penilaian Akhir Tahun) secara daring. Aplikasi tersebut dirancang dan sudah diuji coba secara internal selama sekitar satu pekan sebelum digunakan untuk PAT mulai 15-22 Maret 2021.

Nama SMARTsDA sendiri diambil dari singkatan ‘Sekolahku Madrasah Tsanawiyah Al Hidayah Twelagiri. dan 1.1 menunjukan versi dari aplikasi tersebut. Dengan aplikasi SMARTsDA 1.1 ini, siswa dapat mengerjakan PAT di mana saja asalkan terdapat koneksi internet.

Menurut Jafar Shodiq sebagai salah satu perancang aplikasi, ia mengatakan bahwa untuk sekarang, kita membuat aplikasi ini dengan tujuan utama sebagai sarana siswa siswi kelas 9 dapat mengerjkan PAT dengan lebih gampang.

“Anak anak sudah tidak perlu membuka browser, membuka WA  ataupun membuka aplikasi google classroom. Dengan itu semoga siswa bisa mengerjakan PAT dengan lebih fokus dan mendapat hasil yang lebih baik,” ungkapnya.

Pembuat aplikasi, Maula Ash Shidieqy saat uji coba Senin ini (15/3),  bersyukur aplikasi SMARTsDA 1.1 berjalan dengan lancer. Hampir 90 persen siswa dapat menjalankan aplikasi ini dan data pekerjan mereka sudah terekam. Untuk siswa lain yang belum bisa PAT menggunakan aplikasi ini karena memang sedang dalam keadaan sakit atau memang tidak memiliki perangkat yang mendukung.

Esti selaku staf pengajar di MTs Al Hidayah Twelagiri berharap, PAT menggunakan aplikasi kali ini bisa berjalan dengan lancer dan setiap gangguan yang muncul bisa teratasi.

Selain itu Muh. Zaenudin-Kepala madrasah mengapresiasi pembuatan aplikasi dan penerapannya bagi madrasah. “Untuk ke depannya semoga aplikasi SMARTsDA bisa menjadi aplikasi yang serba guna, dan bisa menjadi aplikasi induk. Tidak hanya untuk PAT ataupun ulangan saja, tapi juga bisa untuk merekap kehadiran siswa, mengecek kelengkapan tugas siswa, membagi raport dan bisa juga untuk belajar bersama,” harap Kamad. (mas/mnh)