Spirit Hari Jadi Banjarnegara Menggema di Mimbar Jumat

Pejawaran – Tanggal 26 Februari merupakan hari yang spesial untuk warga masyarakat Banjarnegara, karena bertepatan dengan hari jadi kota tercinta. Jum’at 26 Februari 2021, Banjarnegara tepat memasuki usianya yang ke 450 tahun. Tema untuk hari jadi kali ini adalah “Dengan Spirit 450 Tahun Hari Jadi Banjarnegara Kerja Semangat, Ekonomi Meningkat, Keluarga Sehat Bahagia Menuju Banjarnegara Bermartabat Sejahtera”.

Berbeda dengan peringatan-peringatan hari jadi sebelumnya, peringatan kali ini berlangsung sederhana tanpa kegiatan-kegiatan yang meriah karena masih dalam suasana pandemi covid 19. Walaupun tanpa kemeriahan, esensi peringatan hari jadi harus tetap menggema dan memberikan spirit terhadap warga Kabupaten Banjarnegara dalam membangun kabupaten tercinta.

Penyuluh Agama selaku agen pemerintah dalam mensosialisasikan program pembangunan melalui bahasa agama mengambil peran dalam ikut mensukseskan Hari Jadi Banjarnegara ke 450, salah satunya melalui mimbar khutbah Jum’at. Salah satunya adalah Penyuluh Agama Islam Fungsional Kecamatan Pejawaran, Agus Salam A.Z yang bertugas menjadi khotib dan imam Sholat Jumat di Masjid Al Islam kompleks KUA Kecamatan Pejawaran.

Agus menyatakan bahwa khutbah jumat dengan tema hari jadi Kabupaten Banjarnegara ini merupakan wujud sinergitas antara Kementerian Agama dengan Pemerintah Daerah Banjarnegara

“Tema hari jadi Banjarnegara kali ini adalah tentang pembangunan, oleh karennya kami, sebagai penyuluh juga ikut membantu Pemda dalam hal pembangun melalui motivasi dan ceramah keagamaan yang bertema pembangunan,” jelasnya pada jumat (26/2)

Lebih lanjut beliau menyatakan bahwa dirinya telah menyebarkan luaskan materi khutbah tentang pembangunan dalam rangka hari jadi Banjarnegara ini kepada para masyarakat dan Penyuluh Islam Non PNS agar menggelorakan spirit hari jadi ini di dalam khutbah Jumat di wilayah masing-masing. (agus/ak)