Terobosan Baru, Metode Khatam Al Quran Three Fridays di Masa Pandemi

Banjarnegara – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh keberkahan didalamnya. Di bulan Ramadhan inilah banyak aktivitas religi yang dilakukan baik aktifitas wajib maupun aktivitas sunah untuk menambah keimanan dan ketakwaan seseorang kepada Allah SWT. Aktivitas religi yang termasuk kategori sunah diantaranya tadarus Al Quran sampai khatam.

Sesuai kesepakatan bersama dewan guru Madrasah Ibtidaiyah Cokroaminoto (MIC) 02 Badamita awali kegiatan tadarus dengan terobosan baru metode khatam Al Qur’an Three Fridays atau tiga Jumat di masa pandemi pada Jumat, (23/4) di gedung MIC ruang kelas 1.

Melihat situasi dan kondisi yang terjadi seperti pandemi saat ini dan sesuai dengan kaldik (kalender pendidikan) Kementerian Agama Tahun Ajaran 2020/2021 selama bulan Ramadhan kurang lebih 3 minggu aktivitas di madrasah, maka kegiatan tadarus difokuskan hanya dilaksanakan setiap hari Jumat setelah pembelajaran daring kepada peserta didik. Dimana pada hari Jumat sendiri terdapat banyak keutamaannya.

Kegiatan tadarus dengan target khatam Al Qur’an metode Three Fridays dimulai dengan pembukaan/ muqadimah yang disampaikan oleh Idris selaku guru kelas IV MIC 02 Badamita.

“Pertama, diawali dengan doa bersama, mendoakan kesehatan semua guru dan peserta didik khususnya di masa pandemi. Kedua, mendoakan keluarga besar MIC 02 Badamita khususnya orangtua dewan guru MIC baik yang masih ada maupun yang telah tiada. Ketiga, mendoakan para pendiri/ orang-orang yang telah berjasa kepada MIC 02 Badamita atas semua kiprahnya,” pungkasnya.

Dilanjutkan dengan pembagian tugas tadarus Al Qur’an oleh Sri Wuryani selaku guru Al Qur’an Hadis. “Bapak Ibu yang saya hormati, pada kesempatan kali ini tadarus akan diikuti oleh 10 orang guru, yaitu guru MI 9 orang ditambah guru DA 1 orang, dengan konsekuensi pembagian tugas 1 orang mendapatkan 1 juz tadarus,” jelasnya.

Setiap guru tadarus Al Quran sesuai dengan bagian masing-masing. “Khatam Al Quran metode Three Fridays yang baru pertama kali diadakan di MIC ini semoga dapat berjalan lancar dan khatam sesuai harapan. Untuk kedepannya semoga pandemi cepat berlalu, kehidupan normal kembali dan kita bisa laksanakan tadarus seperti tahun-tahun sebelumnya,” harapnya (swy/ak)