Ujian Madrasah Mekarkan Madrasah Hebat Bermartabat (MHB)

Banjarnegara – Monitoring dan Evaluasi (Monev) Ujian Madrasah di MI AL Fatah Parakancanggah yang dilakukan Pengawas Madrasah kecamatan Banjarnegara Vijanti Marzuqi, saat kegiatan ujian sedang berlangsung, Jumat ini (9/4).

Hal tersebut untuk memastikan kesesuaian proses dan capaian sesuai POS (Prosedur Operasional Sekolah)/Juklak atau tidak. Jika ditemukan penyimpangan atau ketidaksesuaian dengan aturan pada POS UM  maka segera dilakukan pembenahan sehingga kegiatan UM dapat berjalan sesuai dengan rencana dan targetnya, terang Vijanti.

Pengawas Madrasah memantau pelaksanaan untuk memastikan proses jalannya UM, kehadiran peserta, kelengkapan dokumen dan soal yang diujikan.

Pengawas mengapresiasi penyelenggaraan UM, “Saya memotret dan melihat secara langsung pelaksanaan UM di MI AL Fatah sudah sangat bagus dan efektif, semua itu berkat arahan Kepala Madrasah dan kerja keras Panitia Ujian,” tuturnya.

MI Al Fatah sangat mengedepankan karakter, pembentukan watak dan prilaku sebagaimana pada Undang-undang no. 20 tahun 2003. Administrasi dokumennya juga sangat lengkap dan rapi, pertahankan dan tingkatkan terus serta tetap patuhi prokes selama UM dan PTM, imbuhnya.

Titin selaku panitia menyatakan bahawa sebagai madrasah yang hebat dan bermartabat, diharapkan ujian madrasah dapat dilaksanakan dengan sportif, jujur, tertib, dan kondusif. MI Al Fatah memprioritaskan kejujuran dalam pelaksanaan UM dengan system pengawasan secara silang penuh.

“Dengan adanya monitoring ini sangat memekarkan madrasah melalui pelaksanaan ujian yang berkarakter dan diharapkan menciptakan output yang bermutu dan berkualitas serta mempunyai kompetensi multiple inteligensi,” ungkapnya.

Ucapan terimakasih disampaikan kepala madrasah, Durotun Nafisah atas kunjungan monev dari pengawas madrasah. Tindak lanjut dari hasil monitoring akan dilakukan  evaluasi pada akhir kegiatan, untuk mengetahui hasil atau capaian akhir dari kegiatan UM. Hasil evaluasi bermanfaat bagi rencana pelaksanaan program kegiatan yang sama di waktu dan tempat lainnya.( NASD/mnh)