Untuk Mengetahui Kemampuan Awal Peserta Didik Baru, MIMAU Lakukan Uji Kompetensi

Banjarnegara- Dalam rangka mengetahui awal kemampuan peserta didik baru, MI Ma’arif Unggulan Al Falah Joyokusumo (MIMAU) adakan ujian kompetensi bagi peserta didik baru tahun pelajaran 2022/2023.

Acara digelar di Madrasah pada hari Kamis (2/6) diikuti oleh 38 peserta didik baru yang telah terdaftar di pendaftaran gelombang I. Dengan penuh antusias siswa diantar oleh orang tua menuju ruang aula untuk mengikuti acara pembukaan.

Acara dibuka dengan sambutan kepala madrasah, Wahyul Khomisah pada pukul 08.15 hari itu. Dalam sambutannya Wahyul Khomisah menyampaikan tentang profil MIMAU dan gambaran umum ujian kompetensi yang akan dilakukan.

“Siswa yang memilih MIMAU untuk melanjutkan pendidikan tidak akan rugi, karena banyak program unggulan yang ada di Madrasah. Disini siswa tidak hanya bersekolah saja namun juga mengaji. Selain itu juga dapat mengetahui bakat siswa masing-masing melalui mata pelajaran yang diajarkan di madrasah. Untuk nanti siswa baru yang akan mengikuti uji kompetensi meliputi ujian membaca, menulis, berhitung, menyanyi, mewarnai dan qiroati,” Ucap Wahyul.

Setelah acara pembukaan peserta didik baru diarahkan menuju ruang ujian yang telah terbagi menjadi beberapa ruangan sesuai dengan bidang-bidangnya. Adapun pengujinya yaitu Anis dibidang menulis, Ayu dibidang berhitung, Susri dibidang membaca, Fitri dibidang mewarnai, Ummu dibidang menyanyi dan Arif dibidang qiroati.

Selain itu di saat siswa mengikuti uji kompetensi, orang tua diberikan pengetahuan mendasar tentang parenting anak yang disampaikan langsung oleh kepala madrasah. Dengan diadakan acara tersebut orang tua yang menunggu anaknya ujian mendapat ilmu baru dan tidak membosankan. Salah satu orang tua siswa baru mengaku dengan adanya tersebut sangat bermanfaat karena bisa mendapatkan ilmu baru ketika mengantar anak.

“Saya merasa dengan adanya acara parenting yang diadakan saat menunggu anak ujian ini sangat bermanfaat. Panitia berhasil membuat acara yang tidak membosankan ketika menunggu anak.” ungkapnya.

Setelah siswa selesai mengikuti uji kompetensi, siswa diarahkan ke ruang aula kembali untuk acara penutupan dan sesi foto bersama. Pada saat ini juga siswa yang telah selesai diberikan hadiah agar menambah semangat. (na/ak)

Bagikan :
Translate »