Banjarnegara – Yuniyati, guru matematika MTs Negeri 1 Banjarnegara yang juga fasilitator daerah mata pelajaran matematika menutup kegiatan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan MGMP Matematika MTs Kabupaten Banjarnegara dalam In-4 dengan mengajak peserta mengembangkan pertanyaan PIT.
Pertanyaan PIT yang meliputi Pertanyaan Produktif, pertanyaan Imajinasi dan Pertanyaan Terbuka merupakan jenis-jenis pertanyaan pendukung dalam pembelajaran aktif.
Yuniyati mengawali materi dengan memberikan pertanyaan.
“Untuk apa guru memberikan pertanyaan kepada siswa? “ tanya Yuniyati kepada seluruh peserta PKB di ruang komputer MTs Nurul Huda Pagedongan pada Jum’at (18/11).
Jawaban sebagian besar peserta adalah bahwa pertanyaan yang mereka berikan bertujuan untuk mengetahui apakah siswa sudah paham materi yang disampaikan, dan mengukur tingkat ketercapaian tujuan pembelajaran.
Menurut Yuniyati jawaban tersebut tidak salah, hanya sayang sekali kalau pertanyaan yang diberikan guru hanya sebatas untuk hal tersebut.
“Ada yang lebih bermakna dari sebuah pertanyaan daripada sekedar mengukur ketercapaian materi. Kalau guru bisa menciptakan pertanyaan dan mengelola pertanyaan tersebut dengan baik, maka bisa dipastikan, pembelajaran aktif berjalan dengan baik.” Terang Yuniyati.
Lebih lanjut Yuniyati menyampaikan bahwa selama ini sebagian guru jika ditanya tentang pertanyaan, maka ingatannya tertuju pada test, evaluasi, dan ujian. Hal itu karena guru biasa memberikan pertanyaan hanya pada akhir pembelajaran. Padahal, pertanyaan bisa diberikan di awal, di tengah, dan di akhir pembelajaran.
“Ada beberapa tipe pertanyaan yang termasuk dalam katagori pertanyaan pendukung pembelajaran aktif. Antara lain : Pertanyaan Produktif, pertanyaan Imajinatif; dan Pertanyaan Terbuka” ungkap Yuniyati melalui tayangan materi di layar LCD.
Pertanyaan produktif adalah pertanyaan yang mendorong siswa melakukan sesuatu untuk bisa menjawab pertanyaan. Pertanyaan imajinatif adalah pertanyaan yang untuk menjawabnya siswa memerlukan daya imajinasi. Pertanyaan Terbuka adalah pertanyaan yang kemungkinan jawabannya lebih dari satu.
Ketiga tipe pertanyaan (Produktif, Imajinatif dan Terbuka = PIT) sangat diperlukan pada saat proses pembelajaran. Mengingat pentingnya peran pertanyaan, guru harus banyak berlatih menyusunnya. Terutama soal tipe Produktif, Imajinatif dan Terbuka .
“Kesimpulannya, guru perlu sering berlatih menyusun pertanyaan yang Produktif, Imajinatif dan Terbuka agar Pembelajaran Aktif bisa berjalan dengan baik. Insya Allah “PIT” siap perkuat merdeka belajar,” pungkas Yuni. (Lin)