MIMAU Lakukan Rapat Koordinasi Panitia ANBK

Banjarnegara – ANBK yang merupakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer merupakan sebuah program evaluasi untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan memotret input, proses dan output pembelajaran di seluruh satuan Pendidikan. Termasuk MI Maarif Unggulan (MIMAU) Al Falah Joyokusumo juga melaksanakan ANBK yang diikuti oleh seluruh kelas V (lima) yang berjumlah 30 putra dan putri.

Dalam menyiapkan segala adminitrasi, tempat dan sarana lainnya, Wahyul sebagai Kepala Madrasah merapatkan barisan bersama guru kelas V, TU dan Operator yang mereka memiliki tugas masing – masing yaitu menjadi Pengawas, teknisi dan proctor pada ANBK guna melaksanakan rapat koordinasi (rakor). Rakor ini dilaksanakan Rabu kemarin, sepulang dari pelaksanaan AKMI (Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia) pada pukul 12.30 sampai pukul 14.00 di Gazebo MTs Negeri 2 Banjarnegara. (17/11)

“Tempat ini nyaman untuk dilaksanakannya rakor panitia ANBK, disamping menyatu dengan alam juga bersih dan indah penuh dengan pepohonan yang menambah sejuk. Selain itu menjadi suasana tersendiri karena diruang terbuka, lebih rileks dan terkadang malah ide – ide muncul sendiri di alam terbuka” ungkap Rosi selaku Proktor

Rapat Koordinasi dibuka dengan bacaan ummul kitab oleh Wahyul kemudian beliau menjelaskan point – point penting pada POS (Prosedur Operasional Standar), mulai dari waktu pelaksanaan ANBK, Administrasi yang harus dibuat, Tata Tertib bagi Proktor, Teknisi serta Pengawas agar pada saat hari H pelaksanaan semua berjalan tertib dan lancar tak ada kendala.

Dalam rapat tersebut, terjadi komunikasi aktif yang menandakan ketika ada hal yang belum paham bisa didiskusikan bersama – sama. ANBK adalah kegiatan perdana di madrasah tingkat SD ataupun MI. Asesmen Nasional ini dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM Literasi, Numerasi), Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar.

Sesuai dengan opsi yang dipilih oleh Operator madrasah, ANBK di MIMAU Al Falah Joyokusumo dilaksanakan dalam waktu dua hari berturut – turut, (22-23/11) besok. Dalam setiap harinya full 1 sesi dan jeda untuk istirahat dalam pergantian materi. Laboratorium di MTs Negeri 2 Banjarnegara sangat memadai sarana prasarananya terutama computer serta wifi-nya semoga tidak terjadi kendala yang signifikan.

“Besar harapan kami, ANBK nanti hasilnya akan lebih meningkat atau lebih baik dari AKMI karena sudah berpengalaman dari soal – soal yang kemarin di AKMI. Selanjutnya kami agendakan untuk penambahan jam pelajaran / les terkait numerasi dan literasi siswa selama empat hari kedepan untuk menambah pemahaman siswa”. Ungkap Wahyul diakhir rakor. (wk)