Antisipasi ANBK, Peserta Didik Diajak Tingkatkan Literasi


Banjarnegara – Mulai tahun 2021, Evaluasi sistem pendidikan oleh pemerintah pusat terhadap pendidikan dasar dan menengah berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 57 Tahun 2021 dilaksanakan melalui Asesmen Nasional yang dikenal dengan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK).

Sebanyak 45 siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Banjarnegara yang terpilih menjadi peserta ANBK mengikuti acara sosialisasi di ruang pertemuan dengan antusias. Hadir Kepala Madrasah, Ratna Ayu Kartika Wulan, Waka Kurikulum, Wangid Sunandar, Waka Kesiswaan, Nur Farida dan Mujib Abdillah selaku pelaksanan teknis (14/9).

ANBK merupakan program penilaian terhadap mutu setiap sekolah, madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah dengan berbasis komputer yang dilaksanakan dengan 3 (tiga) instrumen yaitu Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Literasi, Numerasi, Survey Karakter dan Survey Lingkungan Belajar.

Kepala Madrasah, Ratna Ayu Kartika Wulan saat membuka sosialisasi ANBK mengimbau agar peserta didik mempersiapkan dengan matang dengan cara meningkatkan literasi sebelum melaksanakan simulasi ANBK agar nantinya mendapatkan hasil yang maksimal. “Kerjakan soal dengan cermat, teliti dan tidak terburu-buru, jika ingin mendapat hasil terbaik,” katanya.

Sementara itu Waka Kesiswaan, Nur Farida saat memberikan motivasi kegiatan sosialisai ANBK menyampaikan agar siswa selalu bertanggung jawab. “Bersyukurlah karena dari sekian ratus siswa kalian yang terpilih mengikuti ANBK. Ini artinya di atas pundak kalian membawa nama baik madrasah, karena itu bersikaplah yang jujur, adil, yakin dan amanah,” tegasnya.

Terkait teknis pelaksanaan, ruang lingkup sosialiasi ANBK, Abdilah selaku operator menerangkan secara detail tentang pelaksanaan simulasi, mulai dari bagaimana cara login, jenis-jenis soal yang akan diujikan dan cara teknis menjawab soal-soal,” Terangnya.

Simulasi ANBK akan dilaksanakan pada tanggal 15-16 September 2021. Selain untuk meningkatkan mutu pendidikan, ANBK juga dapat dijadikan sebagai gambaran mengenai karakteristik esensial sebuah madrasah yang efektif. Madrasah yang efektif memiliki beberapa ciri diantaranya pengajaran yang baik, serta program madrasah yang dapat menjadikan iklim akademik, sosial dan keamanan yang kondusif. (Nafis/Ref/ak)