Sadarkan Pentingnya Cukai melalui Lukisan, MTs N 2 Banjarnegara Borong Juara

Banjarnegara – Masyarakat yang sadar akan Cukai adalah masyarakat yang baik. Departemen Cukai bekerjasama dengan pemerintah Kabupaten Banjarnegara menyelenggarakan lomba lukis. Lomba digelar untuk memberi edukasi kepada masyarakat sadar pentingnya cukai. Lomba lukis dilaksanakan secara daring dan berakhir September ini.

MTs N 2 Banjarnegara salah satu anggota masyarakat yang peduli ikut dalam even tersebut. “Siswa diberi materi lukis cukai agar berkontribusi aktif menjadi duta cukai. Minimal ide mereka bisa mengingatkan masyarakat meskipun hanya dengan lukisan,” jelas Ruswati Yani sebagai Pembina

Semangat yang kuat dari diri siswa tak heran jika mereka memperoleh kejuaraan.  Juara 3 diraih oleh Devi Sekar Arum Sari. Juara harapan 1 diraih oleh Renanda Nico Avarel dan Juara harapan 3 diraih oleh Saila Citra Nurhassanah. “Alhamdulillah tiga kandidat yang mewakili mendapat juara,” begitu Kepala Madrasah, Ratna Ayu menyambut pengumuman kejuaraan. (12/9)

Mengenalkan cukai pada siswa merupakan hal yang masih langka. Mungkin sekarang waktunya untuk memberi pembelajaran bahwa negara ini dibangun atas partisipasi masyarakat yang membayar cukai. Dengan demikian generasi sekarang tahu hak dan kewajibannya sebagai warga negara.

Siswa sangat senang akan perolehan hasil meskipun belum maksimal. Minimal bisa membuka mata hati mereka untuk melek cukai dan pajak yang ada di negeri kita. Semoga bisa diterapkan dalam kehidupannya atau mengingatkan orang lain akan pentingnya cukai sebagai salah satu devisa negara yang harus ada. “Saya siap menjadi duta cukai,” pungkas Devi bangga. (dw/ak)