Guru MTs N 1 Banjarnegara Berikan Motivasi Persiapan PAT

Banjarnegara – Guru BK MTs N 1 Banjarnegara, Nasiah Ningrum mengadakan kegiatan motivasi dalam persiapan Penilaian Akhir Tahun (PAT ) pada kelas 7 dan 8. Bertempat di masjid MTs N 1 Banjarnegara pukul 11.00 WIB, kegiatan ini diikuti oleh kelas 7A pada sesi pertama yang diikuti oleh 16 peserta didik. Selasa (24/5)

Pada kegiatan tersebut, Nasiah selaku guru BK memberikan motivasi dan tips terkait dengan pelaksanaan PAT yang akan dilaksanakan pada tanggal 08 Juni 2021 mendatang. Beliau juga memberikan informasi terkait bacaan apa saja yang perlu dipelajari dalam menunjang pengetahuan untuk mengerjakan soal PAT. Mulai dari buku paket yang sudah tersedia di perpustakaan sekolah, kemudian latihan soal-soal yang ada didalamnya, belajar kelompok, serta memilih suasana belajar yang nyaman. Selain belajar, Nasiah juga memberikan tips dan trik agar peserta didik dapat belajar secara efektif, salah satunya belajar di waktu yang tepat.

“Ada beberapa teori bahwa waktu belajar yang efektif itu di malam hari. Sayangnya, ada penelitian lain yang mengemukakan bahwa belajar itu sebaiknya di waktu pagi hari, waktu subuh. Terlepas dari waktu belajar yang bisa digunakan, sebaiknya tetap dikondisikan dengan tubuh. kalian harus bisa mengetahui diri kalian itu termasuk orang yang cepat menangkap pelajaran di malam hari atau pagi hari. Jangan samakan waktu belajar dengan teman-teman. Kalau kamu merasa bahwa belajar di pagi hari lebih cepat dipahami, mulai sekarang rutinkan saja kebiasaan itu,” ujarnya.

Tidak hanya itu, dalam belajar peserta didik juga dituntun untuk melatih skill dalam mengerjalan berbagai macam bentuk soal. Mulai dari yang mudah hingga paling sulit.

“Satu-satunya cara untuk membuktikan bahwa kamu sudah benar-benar paham ialah dengan menjawab soal latihannya. Ada cara yang bisa mengasah kemampuan kamu dalam menjawab soal-soal tersebut. Kamu bisa mencoba dengan menjawab soal setiap hari maksimal 3 soal saja di tiap mata pelajarannya. Kalau dihitung-hitung, jika setiap harinya kamu menjawab 3 soal latihan, maka dalam 1 bulan bisa lebih dari 50 soal latihan yang kamu jawab,” tambahnya.

Di akhir motivasinya, Nasiah menyampaikan kepada peserta didik agar selalu menjaga kondisi dengan cara istirahat yang cukup dan tidak lepas dengan doa.  

“Belajar rutin memang baik, tapi harus disertai dengan jadwal istirahat yang cukup. Baik tidur dan olahraga harus memiliki jadwal yang teratur. Selain itu, jangan lupa juga berdoa. Dengan berdoa bisa menguatkan keyakinan atas kemampuan kita untuk memnjawab soal-soal di PAT nantinya. Jangan lupa untuk minta doa kepada orang tua supaya dilancarkan saat menjawab soal-soal ujian nanti.” pungkasnya. (risky/ak)