Ikuti Bimtek EDM – ERKAM, Tingkatkan Pemahaman Kepala, Operator Dan Bendahara MIMAU

Banjarnegara – Madrasah Ibtidaiyah Maarif Unggulan (MIMAU) Al Falah Joyokusumo adalah salah satu madrasah yang menjadi sasaran peserta Bimbingan Teknis EDM – e-RKAM (Evaluasi Diri Madrasah – Elektronik Rencana Kegiatan dan Anggaran Madrasah) yang masuk pada Rombel TIM-Jawa Tengah Kabupaten Banjarnegara-4 yang terdiri dari 14 madrasah baik dari MA, MTs maupun MI.di Tahun 2021 ini.

Kegiatan ini diawali dengan cara mendaftar dengan mengisi link yang dishare oleh TIK (Tim Inti Kabupaten), selanjutnya setelah registrasi peserta mendapatkan email balasan dari TIM LMS yang menyebutkan nama dan password untuk bisa masuk aplikasi kemenag.sekolah.mu dalam rangka mengikuti sesi dan materi sesuai jadwal. Pelaksanaan BIMTEK dimulai 5-19 November 2021. Dalam Bimtek tersebut ada sesi belajar mandiri dan tatap muka virtual, untuk jadwal tatap muka virtual diatur oleh masing-masing fasilitator TIK yaitu tiap Jumat dalam waktu tiga pekan.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dari tiap – tiap madrasah adalah Kepala, Operator dan Bendahara madrasah. Penyusunan rencana kerja dan anggaran akan berkualitas jika berdasar pada analisis hasil Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan (SNP). Kegiatan ini bertujuan agar madrasah dapat mengalokasikan dengan tepat dana BOS untuk kegiatan yang mendorong pencapaian SNP. Selain itu TIM (Tim Inti Madrasah) yang terdiri dari 3 unsur tadi memperoleh pemahaman mengenai hal tersebut.

Jum’at, (12/11), Bimbingan Teknis EDM-e-RKAM memasuki sinkronus II artinya Penjelasan atau Refleksi Terbimbing melalui zoom meeting – tatap maya bersama TIK (Tim Inti Kabupaten) dilaksanakan dimulai pukul 08.00 – 10.00 WIB. Peserta antusias, dibuktikan setelah disampaikan materi, tidak sedikit yang bertanya. Dalam waktu sepekan peserta yang dibekali dengan panduan / petunjuk teknis mengikuti BIMTEK ini melaksanakan tugas dengan baik, yaitu dengan menonton video mengenai materi, membaca materi serta menjalankan aktivitas wajib yaitu menjawab soal – soal dari system.

“Alhamdulillaah berbekal dari materi pada aplikasi ini, saya pribadi mendapatkan banyak manfaat ilmu sehingga dalam membuat RKAM besok di 2022 yang sudah berdasar EDM, maka rencana yang kita susun akan lebih berkualitas lagi,” jelas Wahyul, sebagai kepala madrasah setelah usai menyimak kegiatan zoom di ruang Kepala Madrasah Bersama Bendahara dan Operator madrasah. (wk/ak).