Ingin Naik Pangkat Golongan ASN? Berikut Tips Jitu Dari Guru Madtsansa

Banjarnegara-Senin, (11/10/21) salah satu guru MTs N 1 Banajarnegara membagikan tips untuk kenaikan pangkat dan golongan ASN. Pasalnya pada pekan lalu, Asih Wijayanti selaku guru IPS dan juga Munir Effendi selaku guru Matematika baru saja melaksanakan seminar Penelitian Tindakan Kelas (PTK) di MTs Al Fatah Parakancanggah.

Dalam kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Kasi Penmad, Slamet Wahyudi dan Pengawas MTs/MA Hj. Nurlaela isnaeni sebagai penyelaras. Pada judul makalah yang akan diseminarkan Ahmad Munir Effendi, yaitu ‘Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Learning pada Siswa Kelas VIIC MTs Negeri 1 Banjarnegara Tahun Pelajaran 2019/2020’

Sedangkan pemakalah dari Asih Wijayanti, yaitu ‘Penggunaan Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (NHT) dalam Meningkatkan Prestasi Belajar IPS Materi Interaksi Indonesia Dengan Negara-negara ASEAN di Kelas VIIIB MTs Ma’arif NU Jatilawang Banjarnegara Tahun Pelajaran 2018/2019’

Dalam pemaparannya Asih Wijayanti selaku pemateri menyampaikan manfaat dari PTK dalam pembelajarn IPS khusunya bagi peserta didik adalah meningkatkan hasil pembelajaran dan juga memperbaiki proses belajar mengajar.

“Yang pertama tentu saja meningkatkan hasil belajar siswa. Selanjutnya siswa akan lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran IPS. Sedangkan manfaat bagi guru, pertama memperbaiki Proses belajar mengajar dalam pembelajaran IPS, mengembangkan kualitas guru dalam pembelajaran IPS dan memberikan alternatif model pembelajaran,” ujar Asih Wijayanti selaku gutu IPS.

Selain itu, Munir Effendi juga membagikan tips dan trik cara cepat Naik Pangkat Golongan ASN, salah satunya membuat perencanaan untuk memenuhi persyaratan.

“Untuk mengajukan permohonan kenaikan pangkat, ada sejumlah syarat dokumen dan penilaian atau angka kredit guru. Supaya angka kredit bisa tercapai, Anda harus bisa menyusun rencana yang tepat,” jelasnya.

Dan yang kedua, Munir Effendi juga menyarankan untuk rutin mengikuti diklat dan membuat karya. “PKB memiliki 3 unsur penting yaitu: pengembangan diri, publikasi ilmiah dan karya inovatif. Pengembangan diri bisa ditingkatkan dengan dengan rutin mengikuti diklat, seminar, terlibat dalam kegiatan kolektif, dll,” tambahnya.

Sebagaimana diketahui, dalam seminar PTK guru akan mendapatkan bekal untuk meningkatkan penilaian angka kredit (PAK). Untuk meningkatkan mutu guru dalam mengajar tentunya guru mesti melakukan RnD (Riset and Development) di Madrasah/Sekolah atau di kelas, guru yang akan mengusulkan keniakan pangkat agar memenuhi minimal salah satu syarat dari kenaikan pangkat yaitu pengembangan diri, publikasi ilmiah atau karya inovatif, dan mudah-mudahan seminar PTK yang dilaksanakan dapat meningkatkan kemampuan professional guru di Madrasah/Sekolah masing-masing. (Ran/ak)