Inspektorat Jenderal Kemenag RI Lakukan Monev Pelaksanaan PPDB MTs Negeri 1 Banjarnegara

Banjarnegara–Berdasarkan surat tugas bernomor 1482/IJ/Set.IJ/06/2022 Inspektorat Jenderal Kemenag RI menugaskan tim yang beranggotakan 3 orang untuk melakukan pemantauan dan evaluasi terkait Penerimaan Peserta Didik Baru Tahun 2022/2023 di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

MTs Negeri 1 Banjarnegara terpilih menjadi salah 1 madrasah sampling tingkat MTs pada kegiatan pemantauan dan evaluasi PPDB. Dan madrasah lainnya adalah MAN 1 Banjarnegara.

Tim Irjen yang diketuai oleh Aeni Farah Tristiyanti tiba di MTs Negeri 1 Banjarnegara pada Rabu (27/7) dan disambut oleh Kepala MTs Negeri 1 yang bersama panitia harian PPDB. Aeni menyampaikan bahwa kegiatan pemantauan dan evaluasi ini penting dilakukan untuk mengetahui perkembangan, kemajuan dan permasalahan yang mungkin muncul dari kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru tahun ini.

“Kami bertiga mendapatkan tugas dari Inspektur Jenderal untuk melakukan pemantauan dan evaluasi pelaksanaan PPDB khususnya di MTs Negeri 1 Banjarnegara ini dalam rangka untuk mengetahui perkembangan, kemajuan dan juga permasalahan yang mungkin muncul dari pelaksanaan kegiatan PPDB tahun ini,” ungkap Aeni membuka kegiatan pemantauannya.

Sementara menurut Karyono Kasi Penmad Kankemenag Kabupaten Banjarnegara yang juga mendampingi kegiatan ini mengatakan bahwa pelaksanaan PPDB di semua madrasah harus memenuhi beberapa asas.

“Berdasarkan Keputusan Dirjen Pendidikan Islam Nomor 1 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Penerimaan Peserta Didik Baru Madrasah Tahun Pelajaran 2022/2023. PPDB Madrasah yang boleh dilaksanakan secara daring (dalam jaringan/online) atau secara luring (luar jaringan/manual) harus memenuhi beberapa asas yaitu obyektivitas, transparansi, akuntabilitas, berkeadilan dan kompetitif. Jadi harapannya kegiatan PPDB benar-benar dilaksanakan dengan kesungguhan dan bertanggung jawab,” terang Karyono.

Eko Widodo Kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan PPDB di MTs Negeri 1 Banjarnegara tentu sudah mengacu pada petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan dari kegiatan penerimaan peserta didik baru tahun ini.

“Insya Allah, kami sudah melaksanakan kegiatan PPDB sesuai dengan petunjuk teknis dan petunjuk pelaksanaan. Alhamdulillah tahun ini Madtsansa kebanjiran pendaftar sehingga kami bisa menambah 2 rombel dengan total peserta didik yang kami terima adalah 347,” ulas Eko Widodo.

Dalam kegiatan pemantauan dan evaluasi PPDB tersebut MTs Negeri 1 Banjarnegara telah menyiapkan seluruh komponen yang diperlukan sesuai dengan instrumen lengkap dengan bukti fisik. (Lin/ak)

Bagikan :
Translate »