Kenalkan Alam Pedesaan, TA Cokroaminoto Sayangan Belajar Di Persawahan

Banjarnegara – Tarbiyatul Athfal (TA) Cokroaminoto Sayangan, kecamatan Pagedongan setiap akhir pekan mengajak anak-anak belajar di alam terbuka. Pada Jumat pagi (12/11/2021), guru-guru mengajak anak-anak menyusuri hamparan persawahan sekitar madrasah. Harapan dari kegiatan diluar ruang semacam ini agar anak dapat menyebutkan nama-nama binatang sesuai Tema Pembelajaran Binatang.

Istinganah, Kepala TA Cokroaminoto Sayangan menjelaskan bahwa pembelajaran jenjang pra sekolah haruslah didesain menyenangkan dan inovatif. “Belajar di alam terbuka akan memperoleh banyak hal yaitu bermain, berolahraga, melatih konsentrasi dan  fisik, bersosialisasi dengan teman, juga mengenalkan lembaga pendidikan kita kepada masyarakat.” Jelasnya.

Anak-anak terlihat sangat ceria melihat beragam tanaman dan binatang -binatang dipersawahan, Bunda Fauziatun dengan cekatan mendampingi sambil mengenalkan nama-nama berbagai binatang yang merupakan inti pembelajaran. Meskipun terlihat sekedar bermain-main namun tanpa disadari mereka sedang belajar. Disela-sela pembelajaran Fauziatun mengatakan, “Belajar dengan suasana menyenangkan akan sangat efektif pada aspek kognitif, psikomotorik, dan afektif yang akan membentuk karakter tangguh anak” Katanya.

Wali murid sangat antusias mengawal putra putrinya ikut berjalan bertelanjang kaki sama seperti anak-anak. Separuh perjalanan anak-anak diistirahatkan di bawah pepohonan mereka dilatih kemandirian dengan pembiasaan makan sendiri tanpa disuapi, wali murid hanya menyiapkan bekal makanan dan minuman. Zumrotun, salah satu wali murid menyampaikan rasa puasnya, “Sangat senang melihat anak ceria, berebut menyebut nama binatang , dan mau makan sendiri. Saya berharap kegiatan semacam ini terus dilaksanakan agar anak menjadi mandiri” Harapnya. (am/ak)