Kepala MTs N 2 Banjarnegara Buka Wisata Edukasi Kelas Riset Di Kampung Gagot

Banjarnegara- Kepala MTs Negeri 2 Banjarnegara, Ratna Ayu Kartika Wulan Kamis pagi (17/03) membuka wisata edukasi kelas riset, di sini wisata sambil beredukasi merupakan program baru yang ditawarkan dalam program kurikulum kelas riset MTs Negeri 2 Banjarnegara.

Kampung Gagot yang terletak di Desa Kutawuluh Kecamatan Purwanegara Kabupaten Banjarnegara, mempunyai potensi baik untuk peserta didik beredukasi tentang pertanian terpadu, praktik membuat pupuk cair dan padat, pengolahan sampah, bagaimana metode bercocok tanam yang baik, bagaimana mengolah dan mengemas produk pertanian seperti tepung mocaf, kopi gagot, beras dan aneka kripik.

Ratna Ayu Kartika Wulan saat melakukan pembukaan wisata edukasi dengan kelas riset menjelaskan, di Kampung Gagot ini kalian bisa belajar, menggali ilmunya apa saja yang ada di Kampung Gagot ini. sehingga setelah beredukasi hasilnya bisa diterapkan di MTs Negeri 2 banjarnegara.  

Saat membuka acara edukasi yang diawali dengan membaca Basmalah bersama-sama dengan diirngi kentongan tiga kali,  dengan doa  tersebut semoga acara wisata edukasi kelas riset berjalan lancar tanpa ada halangan suatu apapun dan peserta didik kembali ke MTs N 2 Banjarnegara dengan keadaan sehat walafiat semua.

 “Peserta didik harus punya semangat yang luar biasa, di Kampung Gagot bisa menambah ilmu dimana ilmu di sini belum ada di kelas riset saat mendapatkan pembelajaran di kelas,” ujar Ratna Ayu Kartika Wulan.

Selanjutnya, Kang Amrulloh selaku penggagas Kampung Gagot saat memberi materi dengan sebuah permainan kepada peserta didik bagaimana melempar tisu ke sebuah buku dengan menyimpulkan 3 karakter satu peserta didik belum siap dengan apa yang dihadapi, kedua siap melakukan sesuatu tapi belum tepat sasaran, dan yang ketiga peserta didik yang siap dan tepat sasaran.

“Ternyata karakter orang berbdeda-beda dalam menghadapi sesuatu apalagi saat belajar tentu harus tahu tujuan terlebih dahulu,” ujar Amrulloh. (en/ak)

Bagikan :
Translate »