Lulus Ujian Seleksi Kompetensi Akademik, Guru Madtsansa Siap Ikuti PPG

Banjarnegara – Pengumuman kelulusan Ujian Seleksi Kompetensi Akademik (USKA) Pendidikan Profesi Guru (PPG) Dalam Jabatan bagi guru madrasah tahun 2023 diumumkan pada Jumat (7/4) melalui portal simpatika masing-masing peserta ujian.

Rizki Nurfarida, salah satu guru bahasa Indonesia menjadi satu-satunya guru Madtsansa yang dinyatakan lulus Ujian Seleksi Kompetensi Akademik PPG dalam jabatan tahun 2023. Dari hasil ini, maka ia berhak mengikuti PPG.

Program PPG dalam jabatan merupakan program pendidikan yang diselenggarakan untuk mempersiapkan lulusan S-1 Kependidikan untuk menjadi guru agar menguasai kompetensi secara utuh sesuai dengan Standar Pendidikan Guru.

Ditemui tim warta Madtsansa pada Selasa (11/4) Rizki Nurfarida menyampaikan keharuannya.

“Alhamdulillahirobbil’alamin… Hasil ini sungguh merupakan berkah Ramadan. Saya memang mempersiapkan ujian ini dengan banyak membaca, namun tetap tidak percaya saya berhasil lulus. Terlebih teman-teman Madtsansa lainnya tidak lulus. Rasanya sangat sesuatu… bahagia dan juga sedih,” ungkap Farida.

Lebih lanjut Rizki Nurfarida menyampaikan bahwa ia siap untuk mengikuti Pendidikan Profesi Guru dengan sebaik-baiknya.

“Saya tau, bahwa Pendidikan Profesi Guru itu tidak mudah karena kita akan dididik dan disiapkan sedemikian hingga berbagai permasalahan pendidikan dapat diselesaikan. Insya Allah saya akan mengikutinya dengan semaksimal yang saya bisa sehingga saya bisa dinyatakan lulus dan berhak mendapatkan sertifikat guru profesional,” imbuhnya bersemangat.

Eko Widodo selaku kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara memberikan apresiasi untuk keberhasilan salah satu gurunya.

“Selamat kepada Bu Farida… perjuangan dalam USKA PPG kemarin memberikan hasil yang baik. Semoga semakin menambah semangat dalam mengajar dan berupaya menjadi guru yang profesional.. Selamat mengikuti PPG nantinya, dan bagi ibu bapak guru yang belum lulus semoga di kesempatan berikutnya akan berhasil,” ucap Eko Widodo.

Sementara menurut Yuniyati, wakil kepala urusan kurikulum MTs Negeri 1 Banjarnegara menyampaikan bahwa banyak hal akan dipelajari dalam kegiatan PPG nantinya.

“Selamat mba Farida, semoga membawa keberkahan. Selamat menunggu panggilan PPG dan siap menjadi pendidik profesional yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berakhlak mulia, berilmu, adaptif, kreatif, inovatif dan kompetitif. Dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik.” terang Yuniyati. (Fy)