MA Al Irsyad Gunungjati Lakukan Persiapkan ANBK

Banjarnegara – Senin (6/9), MA Al Irsyad Gunungjati adakan gladi bersih Assesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK). Dalam gladi bersih ini diikuti peserta sebanyak empat puluh lima dari tingkat kelas XI, bertempat di laboratorium komputer MA Al Irsyad Gunungjati.

Pelaksanaan gladi bersih dibagi menjadi tiga sesi, dengan pembagian setiap sesi diikuti oleh 15 peserta didik. Dalam pelaksanaan gladi bersih didampingi oleh Oki Hadrian selaku proktor dan Arif selaku teknisi.

Kepala Madrasah, Fithria Rohayati mengatakan, gladi bersih merupakan persiapan menghadapi ANBK.

“Peserta didik wajib mengikuti gladi bersih ini, supaya lebih siap dalam menerima bentuk soal ANBK,” ujarnya

ANBK bertujuan untuk perbaikan pembelajaran serta peningkatan lingkungan belajar yang kondusif. “Ada tiga unsur utama didalam ANBK, diantaranya Assesmen Kompetensi Minimum (AKM), survey karakter dan survey lingkungan belajar. Assesmen Nasional dipersiapkan untuk mengetahui informasi yang akurat dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dan memperbaiki kualitas belajar,” imbuhnya.

Lebih lanjut Fithria Rohayati menambahkan semoga pelaksaanaan gladi bersih ini berjalan lancar dan dapat dijadikan sebagai upaya perbaikan mutu pendidikan khususnya di MA Al Irsyad Gunungjati. Mampu mecetak karakter peserta didik yang beriman, bertakwa dan berakhlak mulia.

Zulfa Issani peserta didik kelas XI yang mengikuti gladi bersih ini menyatakan bahwa pemahaman mengenai bentuk soal ANBK menjadi lebih jelas. “saya berharap dengan persiapan yang maksimal, asesmen nanti bisa sesuai harapan,” pungkasnya