MTsN 1 Banjarnegara Siap Adakan PTMT

Banjarnegara – Pembelajaran Tatap Muka (PTM) menjadi sebuah aktifitas yang sangat dinantikan oleh banyak pihak. Siswa yang telah menemui kejenuhan dalam Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang berakibat sering absen dalam pelaksanaannya, orang tua yang juga nyaris putus asa dalam mengendalikan penggunaan handphone yang tidak semestinya, hingga kesulitan para guru dalam memvariasi pembelajaran online guna mentransfer pengetahuan.

Pandemi Covid-19 yang memasuki akhir tahun kedua ini benar-benar telah menguji kesabaran kita khususnya di dunia pendidikan hingga Pembelajaran Tatap Muka masih saja menjadi kegiatan yang pelaksanaannya membutuhkan kehati-hatian yang sangat tinggi.

Koordinasi virtual zoom persiapan PTMT (Pembelajaran Tatap Muka Terbatas) bersama Kanwil Kemenag Prov Jawa Tengah pada hari Rabu, 1 September 2021 dan dibuka oleh Kakanwil, Musta’in Ahmad, menghadirkan Saefullah, Kabid Penmad dan Nur Abadi Kabid Pontren.

Juair, Kepala Seksi Kurikulum dan Kesiswaan Bidang Pendidikan Madrasah menyatakan bahwa madrasah yang akan menyelenggarakan PTM harus mengantongi nilai SIAP oleh tim verifikasi dari Kankemenag Kab/Kota.

“Nilai SIAP itu meliputi perijinan, baik dari Satgas Covid setempat maupun komite madrasah sendiri serta terpenuhinya 100% indikator kesiapan madrasah dalam melaksanakan protokol kesehatan,” ungkapnya.

MTsN 1 Banjarnegara sebagai madrasah yang sudah melaksanakan PTMT Tahap 1 dan sudah memiliki tiket SIAP dari hasil Verifikasi Instrumen Persiapan PTMT tentunya menyambut baik wacana ini. Eko Widodo selaku Kepala MTsN 1 Banjarnegara menginstruksikan kepada seluruh stakeholder untuk secepatnya menyiapkan segala sesuatu terkait persiapan PTMT baik sarana prasarana maupun kelengkapan administrasi.

“Kesiapan MTs 1 Banjarnegara ini dalam PTM ini semakin bertambah setelah tanggal 6 September 2021 menerima kunjungan Satgas Covid-19 yaitu dari Puskesmas 1 Banjarnegara bersama tim. Satgas Covid-19 memantau secara langsung ruang kelas yang akan digunakan, UKS, toilet, dan sarana prasarana kelengkapan meliputi ketersediaan masker, thermogun, hand sanitezer, cairan desinfektan hingga poster ajakan protokol kesehatan di lingkungan madrasah, semua itu telah terlengkapi,” ungkapnya.

Dari hasil pemantauan Satgas Covid-19, dapat disimpulkan bahwa MTsN 1 Banjarnegara telah memenuhi syarat untuk melaksanakan PTMT dengan terpenuhinya semua indikator kesiapan madrasah dalam melaksanakan protokol kesehatan. Informasi ini diharapkan akan menjadi kabar gembira bagi seluruh siswa dan orang tua/wali. (lin/ak)