Maknai Bulan Puasa, Ambalan Gajah Mada-Srikandi Adakan Batakasareng

Banjarnegara – Pramuka Ambalan Gajah Mada dan Ambalan Srikandi MAN 2 Banjarnegara menggelar acara Bagi Takjil dan Buka Puasa Bareng (Batakasareng) pada Rabu, (5/5) yang diikuti oleh 46 orang anggota Pramuka serta tiga orang Pembina. Acara Bagi Takjil dilaksanakan di sekitar alun-alun Banjarnegara, sedangkan Buka Bersama digelar di madrasah bagian gedung utara.

Kegiatan ini bertujuan menjelain silaturahmi antar anggota ambalan dan pembina, serta memberikan kesempatan untuk berbagi rezeki kepada sesama di bulan puasa. Ridlo Pramono, selaku Kepala Madrasah mengapresiasi kegiatan ini.

“Kami senang dan bangga, anggota Pramuka memaknai bulan suci ini dengan hal positif, yaitu dengan saling berbagi meskipun dari hal kecil. Tapi, dari sesuatu yang kecil ini kelak menjadi besar. Semoga kegiatan positif serupa terus diadakan rutin dan menjadi ladang pahala,” ungkapnya.

Hal serupa juga disampaikan oleh Rowi selaku Pembina Pramuka dan Ketua Gudep yang hadir dalam kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sudah dilakukan secara rutin setiap tahunnya. Tujuannya untuk mempererat tali silaturahmi. Selain itu, juga untuk kordinasi seputar kegiatan ambalan. Yang terdekat kegiatan Lomba Gugus Depan (Gudep) Mantap,” jelasnya.

Selain kegiatan Bagi Takjil dan Buka Bersama, para peserta juga melakukan salat magrib berjamaah. Kegiatan dimulai sekitar pukul 15.00 WIB dan selesai pukul 19.00 WIB.

Fahra Octavia Herawati, selaku Pradana Putri mengungkapkan perasaan senangnya mengikuti kegiatan tersebut. “Tentu sangat menyenangkan bagi kami. Kami bisa mempererat tali silaturahmi antar anggota Pramuka, belajar memberi kepada sesama tanpa memandang besar atau kecil hal yang diberikan. Harapannya, kegiatan seperti ini akan terus berlanjut di kepengurusan selanjutrnya dan lebih baik lagi,” pungkasnya.

Acara diakhiri dengan penutupan dan semua peserta kembali ke rumah untuk melaksanakan salat tarawih di tempat masing-masing. (ta/ak)