Tes Peminatan Online Siswa Kelas X

MAN 1 Banjarnegara Gelar Tes Peminatan Online Siswa Kelas X

Banjarnegara – Usai mengikuti Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) virtual yang dilaksanakan 12-14 Juli, agenda kelas X dilanjutkan dengan tes peminatan secara online yang digelar bertahap selama dua hari, tanggal 15-16 Juli.

Menurut Kepala Madrasah Sunaryo, tes ini merupakan realisasi dari program madrasah yang bertujuan untuk mengetahui bakat, minat dan potensi siswa sebagai pertimbangan pemilihan jurusan.

“Tes peminatan ini untuk menelusuri dan mengetahui bakat, minat, dan potensi siswa yang diantaranya bermanfaat untuk menentukan pilihan jurusan kelasnya. Dengan bekal hasil tes ini, para siswa dan orang tua memiliki pertimbangan yang memadai dalam hal penjurusan di kelas X,” jelasnya setelah selesai pelaksaan tes peminatan pada Jumat (16/7)

Dalam keterangannya, waka kurikulum Indriyani menuturkan alur pendaftaran siswa, waktu, serta jenis tes yang diberikan.

“Tim pelaksana tes peminatan menghimpun data siswa secara lengkap untuk kemudian diinput ke dalam sistem untuk dibuat dan diaktivasi akunnya. Setelah selesai, para siswa akan memperoleh data username dan password yang digunakan untuk log in ke sistem CBT secara online. Adapun para siswa dijadwalkan hari pertama dengan durasi waktu 155 menit mengerjakan soal Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Learning Style, Psychologi Test dan Thinking Style.  Sedangkan pada hari ke dua mengerjakan materi IPA, IPS, Tes Potensi Akademik Verbal, Numeral, Spasial dan Agama dalam waktu 175 menit,” jelasnya

Terkait hasil tes peminatan, Sunaryo menghimbau agar semua pihak dapat memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan masing-masing.

“Kepada para siswa dan orang tua, seyogyanya hasil tes peminatan ini betul-betul dimanfaatkan untuk pertimbangan memilih jurusan, kegiatan ekstrakurikuler, terlebih lagi karier kedepan. Demikian pula para guru juga harus dapat memanfaatkan hasil tes ini untuk menyukseskan pembelajaran dengan cara menggunakan metode pembelajaran yang tepat sesuai dengan gaya belajar para siswa. Dan pihak BK tentu dapat memanfaatkan rekam data hasil tes tersebut untuk pemantauan, pendampingan, serta pembimbingan para siswa,” pungkas Sunaryo. (ind/ak)