Webinar MAN 2 Banjarnegara

Kuatkan Imunitas dan Optimisme, MAN 2 Banjarnegra Gelar Webinar Edukasi 2021

Banjarnegara – Melonjaknya kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di kabupaten Banjarnegara merupakan permasalahan yang harus disikapi bersama. Hal itulah yang melandasi MAN 2 Banjarnegara menyelenggarakan Webinar Edukasi 2021 dengan tema Menguatkan Imunitas dan Optimisme di Masa Pandemi dari aspek Medis dan Spiritual pada Jumat (16/7) secara virtual melalui Zoom Meeting.

Ridlo Pramono selaku Kepala Madrasah dalam pembukaan webinar menyampaikan pentingnya ikhtiar memutus pandemi ini.

 ”Sebagai keluarga besar Kementerian Agama, ikhtiar kita bersama untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19, kita harus menguatkan imunitas dan optimisme melalui apek medis dan spiritual, diantaranya dengan meniru pola hidup Rasulullah dengan segala hal positif yang diajarkannya, serta mematuhi 5M yaitu, memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan membatasi mobilitas dan interaksi,” terangnya.

Bugar Wijiseno Direktur RSU PKU Muhammadiyah Banjarnegara sebagai salah satu narasumber dalam kesempatan tersebut memaparkan tentang berbagai hal meyangkut virus corona ini, dimulai dengan menerangkan pengertian, cara penularan serta bagaimana cara mengahadapinya,

“selain melaksanakan protokoler kesehatan 5M, nutrisi ini sangat mempengaruhi terhadap imun kita, perbanyak asupan nutrisi dengan berbagai kombinasinya, hal ini yang akan membuat pertahanan tubuh menjadi kuat, kita harus mengupayakan gizi yang seimbang, serta melaksanakan aktifitas fisik seperti olahraga yang cukup,” ungkapnya.

Di akhir pemaparannya Bugar Wijiseno memberikan resep untuk tetap berbudaya hidup sehat yaitu dengan senantiasa berpikiran positif, menghindari berita negatif yang memperburuk pikiran, mengkonsumsi makanan yang seimbang, pola makan yg teratur, serta menghindari konsumsi suplemen berlebihan.

Di sesi selanjutnya, Agus Triawan yang juga dihadirkan sebagai nara sumber dalam webinar tersebut menjabarkan beberapa hal guna menguatkan imunitas dan optimisme dari aspek spiritual,  “Saat ini tugas kita yang paling penting adalah menyelamatkan umat dari wabah Covid-19 dengan kembali kepada qur’an dan sunah, jika kita kembali beriman dan bertaqwa kepadaNya , maka Allah akan melimpahkan berkah dari langit dan bumi,” jelasnya.

“Saat ini Banjarnegara masuk zona merah, artinya kondisinya sangat mengkhawatirkan. Untuk itu kita harus segera muhasabah diri, menjauhi maksiat supaya berkah Allah segera turun, sehingga sesuai harapan bersama setelah PPKM darurat dalam 2 minggu nanti Banjarnegara sudah berubah jadi orange atau kuning bahkan hijau,” pungkas Agus Triawan. (wvz/ak)