MAN 1 Banjarnegara Gelar Try Out UTBK

Banjarnegara – Menghadapi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), peserta didik tentu harus mempersiapkan diri sedini mungkin. Salah satu upaya yang dapat ditempuh adalah dengan cara mengikuti tryout Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) agar terlatih dalam mengerjakan tipe-tipe soal UTBK.  

Meskipun try out ini dapat dilaksanakan secara mandiri oleh siswa, namun untuk lebih mengoptimalkan pemerataan kesempatan memperoleh pengalaman mengikuti UTBK, MAN 1 Banjarnegara bekerja sama dengan Eduprime memberikan fasilitas try out UTBK secara online bagi peserta didik kelas XII. (30/7/21)

Dalam keterangannya, Kepala Madrasah Sunaryo menjelaskan tujuan dari kegiatan try out UTBK bagi kelas XII yang tidak lain adalah untuk memberi bekal persiapan mengikuti UTBK.

Try out ini bertujuan untuk membekali siswa dalam menghadapi SBMPTN, sekaligus dapat mengetahui daya tampung, indeks keketatan, serta informasi penting lainnya dari jurusan atau program studi Perguruan Tinggi Negeri mana yang mereka bidik.  Dengan diikuti oleh seluruh siswa, maka diharapkan dapat meningkatkan motivasi dan animo siswa untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi,” paparnya.

Pada kesempatan berbeda, Indriyani selaku waka kurikulum menuturkan beberapa manfaat dari kegiatan try out UTBK bagi peserta didik.

“Manfaat yang dapat diperoleh dari try out UTBK ini diantaranya, siswa mendapatkan simulasi pilihan jurusan yang dapat dipilih dalam tes UTBK berdasarkan hasil try out dan minat bakatnya sehingga diharapkan mereka tidak salah memilih jurusan dalam seleksi UTBK yang diselenggarakan oleh LTMPT.  Disamping itu siswa juga memperoleh gambaran tentang varian dan tingkat kesulitan soal UTBK sehingga mereka akan lebih siap dalam menghadapi SBMPTN,” ungkapnya.

Cakupan materi soal try out UTBK meliputi 3 (tiga) bidang, yaitu TKA Saintek,  terdiri dari Fisika, Kimia,  Biologi, Matematika IPA; TKA Soshum terdiri dari Geografi, Ekonomi, Sosiologi, Sejarah; dan TPS terdiri dari pengetahuan kuantitatif dan pemahaman umum. Dilengkapi dengan analisis USS (University Selection System), siswa diharapkan memiliki strategi yang tepat dalam mempersiapkan UTBK kelak, khususnya dalam penentuan pilihan prodi pada PTN yang diinginkan. (ags/ak)