Mengekpresikan Diri Melalui Seni Tari

Banjarnegara – MTs Negeri 2 Banjarnegara selalu memotivasi peserta didik untuk mengasah minat dan bakat, salah satunya melalui kegiatan ekstrakurikuler. Madrasah yang terletak di jalan Tentara Pelajar km 5 Sokanandi, Banjarnegara ini membuka berbagai macam ekstrakurikuler seperti pramuka, PMR, bola voli, bola basket, sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, pencak silat, karate, atletik, seni tari, seni musik band, seni musik tek-tek, marching band, rebana, tahfidz, kaligrafi, dan qiroah.

Ekstrakurikuler seni tari banyak diminati oleh para peserta didik putri. “Banyak ekskul yang terdapat di madrasah ini, namun para peserta didik putri banyak yang bergabung di ekskul seni tari. Sejumlah 55 peserta didik dari kelas VII dan VIII telah bergabung.” jelas Ruswati Yani selaku pembina ekskul seni tari, Rabu sore (27/10).

Meskipun banyak budaya asing yang masuk ke Indonesia, tidak menyurutkan semangat para peserta didik untuk peduli dengan seni tradisional asli Indonesia. Hal ini terlihat langsung dari para peserta didik yang bergabung dalam ekstrakurikuler seni tari tersebut yang semangat mempelajari dan mengenal tarian khas Indonesia.

“Saya berharap melalui ekskul ini peserta didik dapat mengembangkan potensi diri mereka pada seni tari. Dalam kesempatan ini saya juga dapat mengenalkan seni tari daerah, khususnya materi tari kreasi Jawa Barat, salah satunya tari merak,” imbuhnya.

Pertemuan ekskul seni tari dilaksanakan dua kali dalam satu minggu, yaitu hari Rabu dan hari Sabtu. Pada pertemuan hari Rabu lebih menekankan terhadap materi sedangkan pertemuan di hari Sabtu lebih ke praktiknya. Ekskul ini bertujuan untuk membangun rasa percaya diri peserta didik, menggali bakat peserta didik, menanamkan budaya.

“Dengan mengikuti ekskul seni tari peserta didik dapat belajar berekspresi melalui tarian dan hal tersebut dapat meningkatkan kreatifitas serta percaya diri peserta didik baik dalam lingkungan madrasah maupun masyarakat,” pungkasnya. (ry/swp/ak)