Menuju Madrasah Digital, Mascot Selenggarakan PAS Berbasis Online

Banjarnegara – Penilaian Akhir Semester (PAS) merupakan kegiatan wajib yang harus diselenggarakan oleh semua madrasah dalam rangka menguji dan mengevaluasi hasil belajar siswa selama satu semester.  MTs Cokroaminoto Tanjungtirta (Mascot) sebagai madrasah yang berkomitmen mewujudkan madrasah digital pada tahun 2024 menyelenggarakan PAS berbasis digital. Hal tersebut dilakukan dalam rangka membiasakan para siswa mengerjakan ujian dengan menggunakan perangkat online sehingga impian madrasah digital kedepan dapat diwujudkan.

Untuk mensukseskan pelaksanaannya Mascot melakukan berbagai persiapan sarpras yang memudahkan siswa dalam mengikuti ujian semester tersebut. Di samping persiapan sarpras sebelum PAS dilaksanakan, dimulai pukul 07.00 WIB Mascot melakukan Doberdabre (doa bersama dan brifing ) yang dilaksanakan di halaman dan ruang panitia dipandu dan dipimpin oleh ketua panitia pelaksana. Doberdabre ini wajib diikuti oleh seluruh siswa, panitia pelaksana dan pengawas PAS.

Rofingatun Widiyanti selaku ketua penyelenggara menyampaikan dalam doberdabre untuk selalu bersyukur atas nikmat Allah yang maha kuasa, dan mengajak seluruh panitia, pengawas dan peserta ujian untuk berdoa bersama dengan membaca surat al fatehah dengan harapan PAS dapat dilaksanakan dengan lancar, sukses pelaksanaan dan sukses hasil.

Setelah doberdabre selesai seluruh peserta ujian berbaris di depan ruang masing masing untuk persiapan memasuki ruangan. Peserta memasuki ruangan sesuai urutannya masing masing di bawah pengawasan pengawas ruang, dilanjutkan dengan salam, doa dan laporan dari ketua ruangan.

Niyala Naja salah satu peserta PAS kelas VII menyampaikan kesan  pertamanya saat mengikuti PAS online, dia merasa mendapatkan pengalaman yang berharga. Menurut Naja nama panggilan akrabnya hal tersebut adalah pengalaman seru baginya.

“ada tegangnya dan ada mudahnya. Tegangnya yaitu  saat internet belum terhubung dikarenakan waktu pengerjaan tetap berjalan, dan hal tersebut hilang begitu saja saat internet sudah terhubung.  Mudahnya yaitu saat sudah terhubung dengan internet mengerjakan PASnya menjadi mudah sekali.” Ungkap Naja (rw)

Bagikan :
Translate »