MTs Negeri 1 Banjarnegara Gelar Refleksi Program Adiwiyata

Banjarnegara – Program adiwiyata merupakan program yang mengedepankan peduli lingkungan yang sehat, bersih serta lingkungan yang indah. Tujuan dari program adiwiyata adalah membentuk sekolah peduli dan berbudaya lingkungan yang mampu berpartisipasi dan melaksanakan upaya pelestarian lingkungan dan pembangunan berkelanjutan bagi kepentingan generasi sekarang maupun yang akan datang.

MTs Negeri 1 Banjarnegara merupakan salah satu calon sekolah adiwiyata di kabupaten Banjarnegara. Program adiwiyata ini dicanangkan sejak tahun lalu. Sebagai salah satu calon sekolah adiwiyata, MTs Negeri 1 Banjarnegara membutuhkan arahan dan motivasi dari tim penilai. Pada Senin, 11 Oktober 2021, tim penilai adiwiyata kabupaten Banjarnegara melaksanakan kunjungan sekaligus mengevaluasi program adiwiyata MTs Negeri 1 Banjarnegara.

Eko Widodo, selaku kepala MTs Negeri 1 Banjarnegara sangat mendukung program adiwiyata ini terealisasikan dengan baik di madrasahnya. Beliau menyampaikan bahwa dalam menjalankan program adiwiyata ini, MTs Negeri 1 Banjarnegara butuh bimbingan dan arahan dari tim penilai agar dapat segera dibenahi oleh pihak madrasah.

”Kami sebagai pemula yang akan menjalankan program adiwiyata tentu sangat membutuhkan arahan, motivasi, dan bimbingan dari tim penilai. Hal ini merupakan bentuk ikhtiar kita supaya menjadi sekolah adiwiyata di kabupaten Banjarnegara. Harapannya kami lolos menjadi sekolah adiwiyata kabupaten, yang kemudian akan kita lanjutkan ke tingkat provinsi” ujar Eko Widodo optimis.

Program adiwiyata ini merupakan refleksi dari guru, karyawan, dan siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara. Gaya hidup hijau menjadi tujuan utama dari program adiwiyata ini. Dengan menerapkan gaya hidup hijau ini, diharapkan menjadi karakter bagi warga MTs Negeri 1 Banjarnegara. Seperti yang disampaikan Eko Widodo dalam sambutannya pada acara penilaian calon sekolah adiwiyata.

“Perlu saya sampaikan bahwa perilaku yang mengarah ke program adiwiyata seperti menjaga kebersihan lingkungan, konservasi air, dan lain sebagainya ini kita laksanakan tidak hanya untuk penilaian saja. Hal ini kita lakukan setiap hari supaya kita terbiasa dengan gaya hidup hijau. Selain itu, ini juga upaya kita untuk menanamkan karakter adiwiyata baik guru, karyawan, maupun siswa MTs Negeri 1 Banjarnegara.” tuturnya.

Harapan MTs Negeri 1 Banjarnegara selain lolos sekolah adiwiyata kabupaten, semoga program ini bisa istikomah dijalankan. Hal ini sangat penting dalam pembentukan karakter pola hidup bersih, hijau dan sehat. Pola hidup yang seperti ini diharapkan bisa diterapkan oleh guru dan karyawan kemudian disampaikan kepada siswa. (RIN/mnh)