Intip Lima Tips Imun Dari Kakankemenag, Nomor Tiga Patut Dicoba

Banjarnegara – Sistem imun pada dasarnya merupakan sistem perlindungan yang ada di dalam tubuh manusia, sering juga disebut sebagai sistem kekebalan tubuh. Fungsi utama sistem ini adalah menangkal radikal bebas yang dapat menyerang dan menimbulkan berbagai macam penyakit.

Agus Suryo Suripto, Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara menyampaikan tips untuk meningkatkan imun. Tips tersebut disampaikan beliau pada acara Pelatihan Pembuatan Air Decontamination di MTs Negeri 2 Banjarnegara Rabu, (13/10).

“Jika imun tubuh meningkat maka daya tahan tubuh juga meningkat sehingga virus tidak berpengaruh banyak pada tubuh. Dengan aktivitas yang padat meski di tengah PKKM, tidak menutup kemungkinan virus masuk ke tubuh kita,” ujarnya.

Pertama, saling menyapa. Interaksi dengan sesama tidak harus dengan kontak fisik, dengan saling menyapa juga termasuk interaksi. Saling menyapa ini sedikit banyak berpengaruh pada imun tubuh. Dengan saling menyapa ini menimbulkan rasa bahagia dan rasa saling peduli. Dengan rasa bahagia ini, diyakini bisa meningkatkan imun tubuh sehingga meningkatkan daya tubuh.

Kedua bercanda dengan sesama tanpa menyinggung sesama. Orang jawa sering menyebut bercanda dengan guyon. Guyon ini sering menimbulkan kegembiraan. Tidak jarang guyon membuat orang tidak hanya tersenyum tapi tertawa lepas.

“Dengan kita guyon, bahkan sampai tertawa lepas bersama-sama imun kita ini bisa meningkat. Mengapa? Karena dengan kita tertawa, kebahagiaan akan menyelimuti kita sehingga hormon kebahagiaan ini meningkat. Jika hormon kebahagiaan meningkat daya tahan tubuh kita juga meningkat,” ucap Kakankemenag.

Ketiga, sering tersenyum. Hormon kebahagiaan bisa dirangsang dengan hal-hal sepele. Hormon kebahagiaan ini bisa ditingkatkan dengan hal sederhana yaitu tersenyum. Tersenyum ini mengangkat kedua bibir kita dengan simetris selama 11 detik.

“Jadi jangan hanya satu sisi saja. Hal itu malah menjadikan sinis. Senyum yang simetris adalah senyum yang tulus sehingga akan membuat bahagia.” kelakarnya. 

Keempat, hindari cemberut, mengeluh, bersedih. Anda adalah seperti yang Anda pikirkan. Jika berpikir sedih, tubuh akan otomatis mengikuti maindset sedih sehingga imun melemah. Jika imun melemah virus akan rentan masuk ke dalam tubuh.

Kelima, sugesti diri sendiri dengan kata-kata positif. Ini merupakan modal yang sangat kecil namun berpengaruh pada imun dan tubuh . Kata kata yang ada di pikiran akan menyugesti alam bawah sadar tubuh untuk memproduksi hormon-hormon yang menimbulkan kebahagiaan.

Dengan beberapa tips di atas, jika imun tubuh meningkat, daya tubuh kuat. Tubuh dengan imun yang kuat,  jika ada virus yang menghampiri maka tidak betah berlama-lama di dalam tubuh, hanya sekadar mampir saja. “Harapannya tips tersebut bisa diterapkan di lingkungan sekolah sehingga seluruh warga sekolah sehat dan kuat,” pungkasnya  (Rin/mnh)