Penuh Kejujuran, 20 Siswa Madtsansa Young Scientist ikuti Lomba Akademik HUT MAN 2 Banjarnegara

Banjarnegara – “Taklukkan setiap tantangan”, begitulah semangat siswa-siswi Madtsansa Young Scientist dalam setiap perlombaan. Sebanyak dua puluh dua siswa asuhan Sumiyati dan Novia Fajriati Alqomar ini mengikuti lomba akademik yang diselenggarakan MAN 2 Banjarnegara dalam rangka HUT MAN 2 Banjarnegara. (14/10)

Antusias siswa-siswi Madtsansa Young Scientis sudah tampak sejak pertama kali melihat flyer yang diluncurkan pihak panitia. Mereka langsung melengkapi dokumen yang dipersyaratkan, seperti kartu pelajar, foto terbaru dan NISN. Dalam satu hari, 22 anak telah mendaftar lomba tersebut dan langsung bergabung dalam Group Wa mapel IPA yang dibuat oleh panitia.

“Mereka dengan semangat menemui wali kelas masing-masing untuk meminjam raport, karena NISN bisa dilihat di halaman depan raport,” ungkap Sumiyati selaku pembimbing IPA.

Sumiyati menambahkan bahwa bagi siswa kelas VII yang belum mempunyai raport maka untuk mendapatkan NISN-nya dibantu oleh guru pembimbing dan staf tata usaha.

Lomba ini dilaksanakan secara daring dengan memanfaatkan aplikasi zoom meeting sebagai pengawasan. Meskipun dilaksanakan secara daring, kejujuran harus tetap diutamakan. Karena jumlah peserta lomba mata pelajaran IPA cukup banyak, maka pelaksanaan dipusatkan di aula MTs Negeri 1 Banjarnegara dengan pengawasan satu zoom yang mencakup semua peserta.

Ikhsanudin selaku wakil kepala urusan kesiswaan dan guru akidah akhlak MTs Negeri 1 Banjarnegara mengatakan bahwa salah satu indikator manusia berakhlak mahmudah adalah jujur. Meskipun ada kesempatan untuk berbuat kecurangan, tetapi anak yang berakhlak baik akan merasa takut, karena mereka sadar Allah SWT tidak pernah tidur.

“Kalian sudah berusaha dengan giat belajar dan berdoa dengan sungguh-sungguh, sekarang ikuti perlombaan ini dengan baik, patuhi peraturan dari panitia penyelengara, hasilnya kita serahkan kepada Allah SWT. Apapun yang Allah tetapkan, insya Allah yang terbaik untuk kita,” nasihat Ikhsanudin kepada peserta sebelum lomba dimulai. (nov/ak).