Kunci Sukses Tim Bola Basket Putra/Putri Madtsansa

Banjarnegara – Kamis, (14/10/21) senyum bahagia tengah merona dari para atlet basket Putra/Putri Madtsansa (MTs N 1 Banjarnegara). Pasalnya pada hari Rabu, (13/10/21) tim basket Putra/Putri Madtsansa ikut serta dalam Pekan Olahraga MTs se Kab. Banjarnegara. Di mana, pertandingan tersebut digelar di MAN 1 Banjarnegara.

Kegiatan ini diikuti 4 MTs se Banjarnegara, yaitu MTs N 1 Banjarnegara, MTs N 2 Banjarnegara, MTs N 3 Banjarnegara, MTs N 4 Banjarnegara. Pada babak pertama, Tim Basket Putra Madtsansa melawan tim basket Putra MTs N 2 Banjarnegara. Dan hasinya, Madtsansa mampu mencetak scor tinggi dan mengalahkan lawannya.

Begitupun dengan tim basket Putri, mereka unggul melawan tim basket Putri MTs N 2 Banjarnegara. Kendati demikian, untuk babak selanjutnya yang akan dilaksanakan pada jam siang antara jam 13.00 tim basket Putra/Putri MTs N 1 Banjarnegara melawan tim Basket Putra/Putri MTs N 3 Banjarnegara.

Memang perjuangan tidak menghianati hasil. Berlatih selama kurang lebih 2 bulan, Tim Basket meraih kejuaran. Di babak akhir, Tim Basket Putra Madtsansa meraih point 30, Sedangkan Tim Basket Putri Madtsansa mampu mengantongi poiny 21.

Lalu apa sebenarnya kunci kesuksesan tim Basket Putra/Putri Basket Madtsansa? Saat di jumpai di ruang kantor Madtsansa, Mara selaku Coach Basket membagikan tips dan trik terkait kesuksesan para atlet Basket Madtsansa.

“Sebagai pemain basket tentu para atlet Madtsansa dituntut selalu menunjukan performa yang stabil. Hal itu tentu bisa di capai lewat latihan rutin agar performa selalu tune in. Latihan nggak harus di lapangan kok. Beberapa drill ini pun bisa kalian lakukan saat di rumah dengan menggunakan perlengkapan sederhana,” ujar lelaki yang akrab di sebut Pembasket Sombong.

Dalam pemaparannya, Mara menyampaikan bahwa kunci kesuksesan adalah sebuah latihan yang rutin. Selain itu saat berlatih ada hal-hal yang perlu diperhatikan, salah satunya teknik dalam menguasai bola Basket.

“Yang harus dikuasi dalam mencapai kesuksesan saat pertandingan Basket adalah Stationary Dribbling. Latihan dribble memang terbilang sederhana. Tapi dengan ini, kalian bisa lebih menyempurnakan cara dribble bola saat one on one ataupun menembus pertahanan sang lawan. Metode ini hanya butuh bola basket dan sedikit ruang pada rumah kalian,” tambahnya. Kendati demikian, ada beberapa beberapa gerakan yang bisa lakukan ketika bermain basket adalah Floor Shooting, Wall Sits, Push-up, Shadows Dribbling. (ran/ak)