Profil Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara

Secara historis, Keberadaan Departemen Agama Kabupaten Banjarnegara sudah ada sejak tahun 1954. Dan semua kegiatan perkantoran masih bertempat di Masjid An-Nuur yang terletak di sebelah barat Alun-Alun Kabupaten Banjarnegara. Karena pada saat itu masjid masih mempunyai peran yang sangat sentral sebagai pusat kegiatan umat Islam. Oleh karenanya berdirinya Kantor Departemen Agama Kabupaten Banjarnegara tidak bisa terlepas dari sejarah berdirinya Masjid An-Nuur dengan segala kegiatannya.

Adapun penghulu (Kepala Kantor) pertama yang menjabat di Kantor Departemen Agama Kabupaten Banjarnegara adalah H.M Humam, sampai akhir periode kepemimpinanya, semua aktivitas masih berpusat di masjid An-Nuur.

Kemudian pada masa kepemimpinan Drs. H Rahmat Sukantiyo (Tahun 1973) mulai dirintis pembangunan Kantor Departemen Agama Kabupaten Banjarnegara yang terletak di Jalan Selomanik Banjarnegara.

Seiring semakin banyaknya pegawai, maka kantor yang bertempat di jalan Selomanik ini dirasa kurang representatif, kemudian dirintis pembelian tanah dan juga pembangunan Kantor Departemen Agama Kabupaten Banjarnegara di Jalan Tentara Pelalajar No. 44 Banjarnegara.

Pada tahun 1996, Kantor Departemen Agama Kabupaten Banjarnegara resmi berpindah dari jalan Selomanik ke Jalan Tentara Pelajar No 44 Banjarnegara, hingga saat ini.

Dengan terbitnya Peraturan Presiden nomor 47 Tahun 2009 tentang pembentukan dan Organisasi Kementerian Negara, kemudian diikuti Peraturan menteri Agama Nomor 1 Tahun 2010 tentang Perubahan Penyebutan Departemen Agama Menjadi Kementerian Agama tertanggal 28 Januari 2010, maka sejak saat itu penyebutan Kantor Departemen Agama Kabupaten Banjarnegara berubah menjadi Kantor Kementerian Agama Kabupaten Banjarnegara.

Berdasarkan Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2019 tentang Organisasi dan Tata Kerja Instansi Vertikal Kementerian Agama, Tata Organisasi Kantor Kementerian Agama  Kabupaten Banjarnegara terdiri dari

  1. Subbagian Tata Usaha
  2. Seksi Pendidikan Madrasah
  3. Seksi Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren
  4. Seksi Pendidikan Agama Islam
  5. Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah
  6. Seksi Bimbingan Mayarakat Islam
  7. Penyelenggara zakat dan Wakaf
  8. Kelompok Jabatan Fungsional
Bagikan :
Translate ยป